blank
UKSW gelar lomba menghias salib. Foto: Dok/UKSW (22/3/2024)

Di sisi lain, sejumlah kelompok siswa SMP dan SMA menghias salib dari kayu dengan ukuran yang besar. Salah satu kelompok tampak melukis salib dengan lukisan perjamuan terakhir Yesus dengan indah, sesuai dengan tema lomba. Selain itu, mereka juga menghiasnya dengan menggunakan koran dan barang-barang bekas.

Merenungkan arti kasih

Pdt. Dr. Ferry Nahusona, M.Si., Kepala Campus Ministry UKSW, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan investasi nilai dan pembinaan spiritual anak-anak sejak dini. “Ini adalah bagian dari upaya kami dalam mengembangkan kreativitas anak-anak dan memperkenalkan mereka dengan simbol-simbol kekristenan,” terangnya.

Dalam mengadakan kegiatan ini, Campus Ministry menerapkan prinsip 4M, yaitu Masal, Murah, Meaningful, dan Menggerakkan, dengan tujuan melibatkan sebanyak mungkin civitas academica. “Kami berusaha melibatkan sebanyak mungkin partisipasi, dengan cara yang mudah diakses serta bermakna dan memiliki korelasi dengan makna Paskah,” tambahnya.

Melalui lomba ini, UKSW tidak hanya merayakan Paskah sebagai peristiwa penting dalam agama Kristen, tetapi juga mengajak seluruh komunitas kampus untuk merenungkan arti kasih, pengorbanan, dan kebersamaan dalam hidup.

Selain lomba menghias Salib, rangkaian kegiatan Paskah di UKSW juga mencakup berbagai Aksi Sosial yang bertujuan untuk berbagi kasih kepada sesama. Melalui lumbung sembako dan lumbung kertas, UKSW berupaya memberikan bantuan kepada yang membutuhkan di Panti Asuhan, Panti Sosial, dan Pondok Pesantren.

Tidak hanya itu, Aksi Sosial Donor Darah dan Cek Kesehatan juga akan diselenggarakan pada Senin (25/04/2024) di ruang E126, dengan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia dan Puskesmas Sidorejo, Salatiga. Selain berbagai aksi sosial tersebut, rangkaian acara Paskah juga mencakup serangkaian lomba seperti dekorasi ruang, lomba video pesan Paskah, dan perlombaan mencari telur.

Puncak Perayaan Paskah akan dihadirkan dalam Ibadah dan Ria Paskah pada Senin (1/4/2024) mendatang di Balairung Universitas. Acara ini akan menjadi momentum untuk merayakan kebangkitan Kristus dengan penuh sukacita dan kebersamaan, mencerminkan semangat kehidupan yang penuh harapan yang dibawa oleh peristiwa kebangkitan Kristus.

Ning S