Ilustrasi makan kucing. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Anabul menjadi kata yang kerap diucapkan para animal lovers atau pecinta hewan. Biasanya istilah ini diberikan untuk hewan peliharaan rumah seperti anjing, kelinci, kucing, dan hamster. Istilah ini populer sejak tahun 2018 dan merupakan singkatan dari “anak bulu”.

Hampir semua orang menyukai kucing dan ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara hewan ini. Salah satunya ialah tentang memenuhi adanya asupan gizi bagi kucing peliharaan kamu.

Pasalnya, penting untuk tidak sembarangan dalam memilih makanan, karena apabila hal ini terjadi bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan hewan tersebut.

Baca Juga: Tips Bersihkan Sofa dari Bulu Kucing

Kucing merupakan hewan pemakan daging. Mereka harus mendapatkan protein dari daging untuk jantung yang kuat, penglihatan yang baik, dan sistem reproduksi yang sehat. Daging sapi yang dimasak, daging ayam, atau daging tanpa lemak termasuk makanan manusia yang aman untuk kucing.

Dilansir dari Suara.com, makanan kucing juga harus mengandung protein yang tinggi, rendah lemak, rendah magnesium, rendah pH, mengandung asam arakidonat, vitamin A dan B12, mineral, niasin, dan tiamin.

Akan tetapi, terkadang cukup sulit dalam menemukan makanan yang baik untuk kucing yang mungkin bisa menjadi perdebatan. Seperti dirangkum dari halodoc, berikut ini adalah cara memilih makanan yang tepat untuk kucing kesayangan:

Baca Juga: Tips Membuat Makanan Kucing Sendiri

1. Memilih yang sesuai standar

Kalau bisa memilih makanan hewan kesayangan yang diproduksi oleh produsen dengan cara mengikuti standar keamanan pangan yang telah lama dikenal oleh masyarakat. Kemudian saat membelinya juga harus memastikan kondisi kemasannya baik atau tidak rusak dan juga tidak kadaluarsa.

2. Menyesuaikan dengan umur kucing

Saat ingin membeli makanan hewan, sebaiknya memilih yang sesuai dengan usia atau masa pertumbuhannya.

Untuk rentang usia kucing sendiri dimulai dari kitten yakni hingga umur 12 bulan, young yakni umur 1 sampai 6 tahun, mature yaitu umur 7 hingga 10 tahun dan senior usia kucing lebih dari 10 tahun. Selain itu, dibedakan juga pada saat kucing mengalami masa hamil dan menyusui.

Baca Juga: Sering Dianggap Tumbuhan Liar, Yuk Kita Lihat Manfaat Kumis Kucing bagi Kesehatan

3. Menyesuaikan dengan budget

Ada berbagai jenis makanan hewan yang mempunyai aneka varian dan sebanding dengan makanan mahal.Oleh karena itu, coba sesuaikan pembelian dengan budget yang dimiliki.

4. Komposisi bahan penyusunnya

Saat memilih makanan untuk hewan, coba pastikan juga kandungan nutrisi pentingnya bagi kesehatan tubuh kucing dan sebaiknya jangan mengandung alergen.

Semua makanan kucing harus yang mempunyai sumber protein dan lemak hewani. Hal ini karena kucing sebagai hewan karnivora, membutuhkan nutrisi seperti taurin dan asam arakidonat dalam makanannya.

Jangan lupa pastikan kandungan serat yang ada di dalam makanan kucing itu tepat. Apalagi kucing membutuhkan jumlah serat yang tepat guna mendukung kesehatan pencernaan yang baik dan mencegah kelebihan gas atau masalah pencernaan yang lainnya.

Itulah tadi beberapa tips dalam memilih makanan yang tepat untuk kucing peliharaan kesayangan. Semoga bermanfaat ya.

Claudia