blank
Salah satu minuman pelancara haid (jahe). Foto: Dok/Alodokter

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kamu pernah mengkonsumsi minuman pelancar haid? Selain didapatkan dengan cara membeli, minuman pelancar haid juga bisa dibuat sendiri menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah lho…

Melansir dari Alodokter, haid tidak lancar terjadi saat wanita tidak memiliki siklus menstruasi yang teratur setiap bulannya. Kondisi ini ditandai dengan masa haid yang lebih cepat, lebih lambat, atau tidak haid hingga beberapa bulan.

Pada umumnya, haid tidak lancar dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari penggunaan alat kontrasepsi, pola hidup tidak sehat, stres, kehamilan, penyakit tiroid, hingga sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Untuk mengatasi haid tidak teratur, ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan mengkonsumsi minuman pelancar haid. Kamu bisa membuat minuman pelancar haid di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat dan tidak kalah efektvitasnya.

Pilihan Minuman Pelancar Haid

Haid yang tidak lancar sebenarnya perlu ditangani sesuai dengan penyebab yang mendasarinya. Namun, beberapa perawatan rumahan, termasuk mengkonsumsi minuman pelancar haid, bisa kamu coba upayakan untuk mengembalikan siklus haid kembali normal. Berikut beberapa contoh minuman pelancar haid dari bahan alami!

1. Jahe
Kamu mungkin perlu menambah persediaan rimpang ini di dapur. Sebab, jahe termasuk salah satu bahan minuman pelancar haid. Kamu bisa mendapatkan manfaat jahe ini dengan mengolahnya sebagai teh atau wedang jahe, maupun menambahkannya ke dalam teh herbal lain.