blank
ilustrasi Oat yang kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Oat merupakan serealia yang merupakan sumber karbohidrat dan masih memiliki lapisan kulit ari serta bakal biji. Karenanya, oat adalah biji sereal utuh yang lebih baik dibanding beras. Oat baik untuk kesehatan karena memiliki kandungan serat, protein, vitamin, dan mineral yang lebih tinggi serta kaya akan nutrisi.

Salah satu manfaat oatmeal memberikan efek kenyang yang lebih lama, sehingga dapat membantu menjaga berat badan ideal. Khasiat inilah yang membuat oatmeal dijadikan sebagai makanan andalan para pelaku diet.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition, dijelaskan bahwa oat mengandung karbohidrat dan juga serat yang tinggi, termasuk serat beta glucan yang cenderung kuat. Selain itu, oat juga mengandung protein yang tinggi dan lemak dibandingkan dengan jenis biji-bijian lain.

Baca Juga: Kaya Akan Nutrisi, Enam Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Tahu

Oatmeal mengandung serat larut yang disebut beta-glukan yang dapat membantu meningkatkan respons insulin dan mungkin juga mengurangi gula darah. Orang dengan diabetes tipe 2 mungkin mendapatkan manfaat dengan mengonsumsi oatmeal.

Tidak jarang serealia satu ini juga dimanfaatkan sebagai salah satu sumber pangan kaya karbohidrat pengganti nasi, kentang atau jagung saat menjalani pengobatan tertentu.

Selain oat, ternyata banyak serealia lainnya yang ternyata memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Seperti lazimnya oat, serealia-serealia ini juga disarankan dikonsumsi sebagai salah satu sumber pangan tinggu nutrisi dan rendah kalori. Dilansir dari Suara.com, berikut 3 jenis serealia yang memiliki manfaat bagi tubuh selain oat.

Baca Juga: Jadi Sumber Asam Float, Ini 5 Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

1. Gandum Hitam atau Rye

Gandum hitam atau yang memiliki nama lain rye merupakan salah satu varietas serealia yang cukup lazim dibudidayakan di negara-negara beriklim dingin.

Sesuai namanya, tanaman ini masih 1 keluarga dengan gandum pada umumnya dan tentu saja memiliki warna kehitaman atau kecoklatan gelap. Gandum hitam umumnya diolah menjadi makanan semacam bubur atau juga difermentasikan menjadi minuman beralkohol.

Gandum hitam ternyata juga memiliki banyak manfaat apabila dikonsumsi oleh manusia. Melansir dari artikel berjudul “Rye bread decreases serum total and LDL cholesterol in men with moderately elevated serum cholesterol”, roti yang terbuat dari gandum hitam dapat membantu penurunan jumlah kolestrol jahat sekitar 12% apabila dikonsumsi secara rutin.

Baca Juga: Selain Digunakan Sebagai Campuran Makanan, Ini Tiga Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan

Selain itu, kandungan seratnya yang cukup tinggi juga dapat membantu mengurangi risiko sembelit.

2. Millet

Millet sejatinya merupakan makanan serealia jenis biji-bijian yang cukup lumrah digunakan sebagai bahan pakan unggas atau ternak. Namun, ternyata serealia satu ini juga dapat dikonsumsi oleh manusia dan memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi.

Melansir dari artikel yang terbit dalam jurnal “Journal of Nutrition and Metabolism”, millet dikenal cukup bebas gluten dan rendah lemak jahat sehingga mampu menurunkan risiko obesitas.

Baca Juga: Memiliki Gizi yang Tinggi, Tiga Manfaat Mengonsumsi Cumi-cumi Bagi Kesehatan

Selain itu, kandungan kolestrol jahat dalam millet juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Sorgum

Sorgum merupakan salah satu jenis serealia dari keluarga biji-bijian yang lumrah dikonsumsi oleh masyarakat timur tengah maupun afrika. Melansir dari artikel berjudul “9 Types of Cereals: Cereals Name List And Their Benefits”, bahan pangan ini biasa digunakan sebagai campuran bubur atau diolah sebagai roti dan kue.

Sorgum dikenal cukup kaya akan lemak tak jenuh, karbohidrat, serat dan beberapa jenis vitamin serta mineral yang baik untuk tubuh.

Makanan ini juga mampu merangsang sistem anti oksidan alami dalam tubuh dan membantu memulihkan tenaga akibat kelelahan.

Nah, itulah beberapa jenis serealia dan manfaatnya bagi tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia