blank
Cuka Aple yang kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Cuka apel merupakan hasil pengolahan fermentasi sari apel. Karena melalui proses fermentasi, cuka apel juga memiliki kandungan bakteri probiotik yang dapat membantu memelihara kesehatan saluran cerna.

Melansir dari laman halodoc.com, dikarenakan merupakan hasil dari proses fermentasi, cuka apel juga memiliki kandungan probiotik yang cukup baik menjaga kesehatan saluran pencernaan apabila dikonsumsi dengan makanan lain.

Cuka apel memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh yang sayang dilewatkan, di antaranya mengontrol kadar gula darah, membantu menurunkan berat badan, memelihara kesehatan jantung, hingga mengurangi kadar asam urat di dalam tubuh.

Baca Juga: Dapat Menjaga Kualitas Tidur, Ini Manfaat Sinar Matahari Pagi untuk Kesehatan Tubuh

Selain itu, cuka apel juga kaya akan kandungan lainnya seperti kalium, fosfor, magnesium dan zat besi. Tidak hanya digunakan sebagai campuran bahan makanan, cuka apel ternyata juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Banyak pengobatan tradisional yang menggunakan cuka apel sebagai salah satu media perawatannya. Dilansir dari Suara.com, berikut 3 manfaat dari cuka apel dalam dunia kesehatan tradisional.

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Cuka apel selain dimanfaatkan sebagai bahan baku makanan, ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai perawatan kulit alami. Melansir dari artikel berjudul “Apple Cider Vinegar: For Face, Cleanser, and Spot Treatment”, cuka apel mengandung banyak sekali mineral dan vitamin alami yang dapat digunakan untuk menjaga kelembaban dan kesehata kulit secara alami.

Baca Juga: Mencegah Komplikasi Kehamilan, Tiga Manfaat Mengonsumsi Buah Naga Bagi Ibu Hamil

Menggunakan cuka apel tentunya dapat menyeimbangkan kandungan pH dalam sel kulit dan menghindari dari kondisi kulit kering. Caranya, kamu cukup menuangkan beberapa tetes cuka apel ke air bersih dan balurkan dengan menggunakan kapas ke bagian wajah maupun kulit lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cuka apel sebagai masker alami dengan menggunakan campuran dari ampas teh maupun bahan alami lainnya sebagai masker.

2. Mencegah Jamur Kuku

Salah satu manfaat dari cuka apel yang jarang diketahui adalah dapat menurunkan risiko pertumbuhan jamur pada kuku. Jamur kuku atau onychomycosis adalah sebuah kondisi dimana jamur tumbuh di area sekitar kuku dan dapat menyebabkan kuku menjadi rapuh apabila tidak ditangani.

Baca Juga: Mangandung Banyak Vitamin B12, Ini Tiga Manfaat Ikan Nila bagi Kesehatan

Melansir dari artikel berjudul “Cider Vinegar Nutrition Facts and Health Benefits”, kandunga senyawa mineral dan zat anti oksidan dalam cuka apel dalam membantu mengurangi risiko dari jamur kuku tersebut.

Caranya, kamu cukup merendam area kukumu dalam air yang telah dicampur beberapa tetes cuka apel selama kurang lebih 15-30 menit 2 kali sehari.

3. Membunuh Kuman Pada Makanan

Sering dicampurkannya cuka apel pada beberapa makanan bukan tanpa alasan. Kandungan cuka apel yang bersifat anti kuman dapat membunuh sebagian besar kuman pada makanan, khususnya pada sayuran.

Hal tersebutlah yang membuat cuka apel seringkali dicampurkan kepada sayuran mentah yang akan dikonsumsi sebagai salad.

Nah, itulah beberapa manfaat dari cuka apel untuk kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia