blank
Ilustrasi buah naga yang baik bagi kesehatan ibu hamil. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Buah naga merupakan buah tropis yang berasal dari jenis kaktus dari marga Selenicereus dan Hylocereus.  Buah naga  menjadi salah satu tanaman hortikultura yang baru dibudidayakan di Indonesia dengan warna buah merah yang menyala dan bersisik hijau.

Buah naga memiliki kalori cukup rendah serta banyak nutrisi yang terkandung mulai dari vitamin C, vitamin B, kalsium, serat, fosfor, protein dan tentunya antioksidan tinggi.

Buah yang memiliki rasa manis dan cenderung asam ini selain memiliki harga yang cukup terjangkau, diyakini juga memiliki banyak kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, khususnya di musim penghujan seperti sekarang ini.

Baca Juga: Rumah Durian Dim-Dim, Menjual Buah Matang dari Pohon

Melansir dari laman halodoc.com, buah yang memiliki warna daging putih dan merah keunguan ini juga memiliki segudang manfaat apabila dikonsumsi oleh para ibu hamil, selain memiliki rasa yang memang nikmat.

Tidak jarang pula buah ini juga sering dijadikan asupan nutrisi bagi para wanita yang tengah hamil. Dilansir dari Suara.com, berikut 3 manfaat mengonsumsi buah naga untuk ibu-ibu hamil.

1. Menurunkan Risiko Cacat Lahir Para Bayi

Salah satu manfaat yang terkandung dalam buah naga adalah tinggi asam folat. Melansir dari artikel berjudul “What Are the Benefits of Dragon Fruit, and How Do You Eat It? Here’s What to Know”, buah naga menjadi satu dari sekian banyak jenis buah-buahan yang mengandung asam folat di dalamnya.

Baca Juga:Lima Jenis Jus Buah yang Dapat Mencegah Kebutaan dan Juga Katarak Mata

Asam folat sendiri merupakan salah satu senyawa yang diperlukan saat proses kehamilan pada wanita karena berperan untuk memaksimalkan perkembangan sistem saraf otak pada janin dan meningkatkan daya tahan pada tubuh.

Oleh karena itu, mengonsumsi buah naga saat hamil cukup disarankan, namun tetap harus dibarengi mengonsumsi makanan kaya asam folat lain seperti ikan.

2. Mencegah Komplikasi Kehamilan

Buah naga merupakan salah satu jenis buah-buahan yang memiliki kadar gula alami yang cukup tinggi. Namun, kadar gula alami yang terdapat di buah naga tidak akan membuat kadar gula darah dalam tubuh seseorang meningkat drastis. Justru, kadar gula tersebut cukup menyehatkan bagi tubuh.

Baca Juga: Tak Banyak Orang Tahu, Ini Manfaat Buah Kesemek yang Ampuh Untuk Asam Lambung

Melansir dari artikel berjudul “Eating Dragon Fruit During Pregnancy – Is It Safe?”, kadar gula alami dalam buah naga dapat menurunkan risiko terjadinya komplikasi kehamilan apabila dikonsumsi dengan makanan atau jenis buah lainnya. Salah satu risiko yang dapat diturunkan dari mengonsumsi buah naga bagi ibu hamil adalah preeklamsia.

3. Menangkal Radikal Bebas

Selazimnya jenis buah-buahan lainnya, buah naga juga kaya akan mineral seperti magnesium, zinc, lemak nabati dan berbagai kandungan vitamin serta serat.

Beragam kandungan tersebut memiliki peran yang cukup baik dalam meningkatkan sistem imunitas dan menangkal terjadinya radikal bebas. Hal ini tentunya cukup baik untuk meningkatkan kesehatan bagi ibu hamil dan calon bayi yang dikandungnya.

Nah, itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi buah naga bagi ibu hamil. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia