ilustrasi buah kiwi yang kaya manfaat. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Seseorang mungkin mengalami penglihatan yang buruk dan dapat menjadi masalah umum tanpa kita ketahui. Padahal kita mungkin melakukan sebuah aktivitas yang tidak secara langsung dapat berakibat tidak baik bagi kesehatan mata seperti misalnya menggunakan ponsel atau jam kerja panjang di depan komputer.

Semua faktor ini memang dapat memengaruhi penglihatan kita dan tidak boleh mengabaikan faktor lain yang dapat menurunkan kesehatan mata. Pasalnya, apabila seseorang mengalami masalah malnutrisi atau kurang gizi ini tentunya bisa memengaruhi penglihatan sebagian besar.

Dilansir dari Suara.com, dalam buah-buahan misalnya ini juga mengandung nutrisi baik dan bermanfaat bagi mata yang rupanya mudah ditemukan di sekitar kita.

Baca Juga:Jangan Dianggap Sepele! Ini Lima Jenis Buah yang Dapat Mencegah Rambut Rontok

Seperti dirangkum dari optikmelawai, berikut ini adalah beberapa jenis jus buah yang bisa mencegah kebutaan dan juga katarak mata.

1. Jus Buah Berry

Pada buah Blueberry, blackberry, dan raspberry mengandung antioksidan tinggi yang disebut anthocyanin. Senyawa Anthocyanin ini dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas dan dapat memperkuat pembuluh darah di mata.

2. Jus Buah Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C yang tinggi, yang merupakan antioksidan kuat. Vitamin C dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan dapat meningkatkan kesehatan mata secara keseluruhan.

Baca Juga: Penderita Anemia Wajib Tahu! Ini Tiga Manfaat Mengonsumsi Buah Duku bagi Kesehatan

3. Jus Buah Wortel

Wortel mengandung beta-karoten, yang penting untuk kesehatan mata. Beta-karoten dikonversi menjadi vitamin A di dalam tubuh, yang penting untuk penglihatan yang baik. Dengan mengonsumsi jus wortel ini dapat memberikan asupan beta-karoten yang cukup untuk menjaga kesehatan mata.

4. Jus Buah Kiwi

Kiwi mengandung vitamin C, vitamin E, dan lutein, yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan mata. Zat lutein adalah pigmen yang ditemukan di dalam mata dan dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar matahari.

5. Jus Buah Alpukat

Dalam buah Alpukat ini mengandung lemak sehat dan vitamin E, yang dapat membantu menjaga kesehatan mata. Kemudian vitamin E adalah antioksidan yang melindungi sel-sel mata dari kerusakan oksidatif.

Demikianlah ulasan beberapa jenis jus buah yang bisa mencegah katarak hingga kebutaan. Semoga bermanfaat.

Claudia