blank
Ilustrasi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Buah-buahan merupakan salah satu sumber serat makanan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Manfaat makan buah yang kaya serat ini akan menjaga kesehatan usus, mencegah sembelit, dan masalah pencernaan lainnya.

Buah ataupun sayuran adalah makanan alami yang menyehatkan karena keduanya juga mengandung beberapa vitamin dan mineral yang dibutuhkan agar tubuh tetap sehat. Seperti halnya masalah rambut rontok yang mungkin kerap dialami oleh banyak orang dan apabila hal ini dibiarkan terus-menerus bisa menimbulkan kebotakan pada rambut hingga timbul rasa tidak percaya diri.

Rambut rontok bisa disebabkan oleh kurangnya mengkonsumsi vitamin. Terutama vitamin B. Kurangnya mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B akan berpengaruh terhadap kekuatan rambut sehingga jadi mudah rontok. Selain itu, pertumbuhan rambut juga menjadi terhambat.

Baca Juga: Penderita Anemia Wajib Tahu! Ini Tiga Manfaat Mengonsumsi Buah Duku bagi Kesehatan

Oleh sebab itu, masalah rambut rontok ini jangan dianggap sepele dan harus segera diatasi alias dicegah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Seperti dirangkum dari Holisticare, berikut ini adalah beberapa jenis buah-buahan yang bisa mencegah rambut rontok:

1. Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu memperkuat akar rambut dan mencegah rambut rontok. Selain itu, kandungan vitamin C pada pepaya bisa membantu meningkatkan produksi kolagen yang penting bagi pertumbuhan rambut yang sehat.

2. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat, vitamin E, antioksidan yang dapat membantu memperkuat folikel rambut dan meminimalkan kerontokan. Kamu juga bisa menggunakan masker alpukat secara langsung ke rambut sebagai perawatan tambahan.

Baca Juga: Tak Banyak Orang Tahu, Ini Manfaat Buah Kesemek yang Ampuh Untuk Asam Lambung

3. Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C yang penting untuk pembentukan kolagen. Kolagen membantu menjaga kekuatan rambut dan mencegah kerontokan. Konsumsi jeruk secara teratur atau gunakan jus jeruk segar sebagai perawatan topikal untuk rambut.

4. Kiwi

Kiwi mengandung vitamin C, vitamin E, dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan. Selain itu, kandungan mineral seperti seng dan tembaga dalam kiwi juga penting untuk kesehatan rambut.

5. Stroberi

Stroberi mengandung asam folat, vitamin C, dan antioksidan yang dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dan membantu memperkuat folikel rambut. Makan stroberi secara teratur atau gunakan sebagai masker rambut alami.

Demikianlah ulasan beberapa jenis buah-buahan yang bisa mencegah rambut rontok. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Claudia