blank
Ilustrasi buah duku yang kaya manfaat. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Duku atau dengan nama lain Lansium domesticum Corr merupakan tanaman buah berupa pohon yang berasal dari Indonesia. Sekarang populasi duku sudah tersebar secara luas di seluruh pelosok nusantara.

Buah ini terkenal dengan rasa yang cukup manis dan sedikit asam. Buah yang sepintas mirip dengan buah langsat ini memang cukup menjadi primadona dan kaya akan vitamin yang cukup tinggi.

Buah duku mengandung senyawa antioksidan yang bermanfaat penting bagi tubuh. Salah satunya adalah mencegah dan melindungi tubuh dari kerusakan sel, akibat radikal bebas. Nah, perlu kamu bahwa radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan oksidatif pada sel, yang dapat memicu beberapa penyakit.

Baca Juga:Tak Banyak Orang Tahu, Ini Manfaat Buah Kesemek yang Ampuh Untuk Asam Lambung

Buah duku kaya akan kandungan kalium yang bahkan lebih besar daripada pisang ambon. Kandungan kalium ini dapat menguatkan tulang dan gigi serta menunjang fungsi jantung untuk memompa darah. Selain kalium, buah duku juga mengandung berbagai nutrisi lain, seperti protein, karbohidrat, serat, kalsium, dan zat besi.

Melansir dari laman USDA Food Data Central, dalam 100 gram buah duku mengandung sekitar 10 mg vitamin C, serat pangan 4 gram dan juga beberapa senyawa mineral seperti fosfor, kalium dan Natrium. Hal inilah yang membuat buah dengan warna kulit kuning kecoklatan apabila sudah matang ini dikenal memiliki banyak manfaat apabila dikonsumsi. Dilansir dari Suara.com, berikut 3 manfaat mengonsumsi buah duku bagi kesehatan.

1. Membantu Produksi Sel Darah Merah

Buah duku dikenal sebagai salah satu buah dengan kandungan mineral yang tinggi. Melansir dari artikel berjudul “Health Benefits of Langsat Fruit” buah duku kaya akan vitamin kompleks seperti riboflavin, thiamin dan zat besi yang dapat merangsang jumlah pertumbuhan sel darah merah.

Baca Juga: Banyak Diminati Banyak Orang, Tapi Taukah Kamu Alasan Buah Potong Kurang Sehat Dikonsumsi? Yuk Simak Selengkapnya…

Kedua senyawa tersebut memang diketahui dapat merangsang pertumbuhan sel darah merah pada tubuh. Selain itu, riboflavin yang terdapat pada buah duku juga dapat membantu memaksimalkan pertumbuhan pada anak-anak dan remaja dan dapat membantu mengganti sel-sel tubuh yang rusak.

2. Meminimalisir Pertumbuhan Sel Kanker

Buah duku juga dikenal banyak mengandung senyawa yang berperan sebagai anti-oksidan alami. Melansir dari laman halodoc.com, buah duku memiliki kandungan mineral alami yang baik untuk tubuh dan dapat mengganti sel-sel tubuh yang rusak dan menekan pertumbuhan sel kanker dalam organ tubuh.

Selain itu, buah duku juga kaya akan kandungan senyawa limonoid yang dapat menangkal radikal bebas dari luar yang menjadi penyebab pertumbuhan sel kanker. Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada buah duku juga dapat membantu memperlancar sistem pencernaan dan membantu menghilangkan racun dalam saluran pencernaan.

Baca Juga: Jaga Sistem Imun Saat Musim Hujan, Ini Enam Rekomendasi Buah yang Dapat Dikonsumsi

3. Membantu Menyehatkan Kulit

Mengonsumsi buah duku juga diketahui dapat membantu menyehatkan kulit dan menunda efek penuaan. Melansir dari laman hellosehat.com, buah duku memiliki kandungan senyawa yang berfungsi sebagai anti-aging dan dapat menjaga kelembaban dan elastisitas pada kulit. Zat ini juga dapat membantu pertumbuhan kolagen pada tubuh yang baik untuk kesehatan kulit.

Nah, itulah beberapa manfaat kesehatan dari mengonsumsi buah duku. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia