Ilustrasi buah potong. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Buah potong adalah buah-buahan segar yang telah dipotong-potong menjadi potongan kecil dan siap untuk langsung dikonsumsi. Ini adalah cara tradisional dan sederhana untuk mengonsumsi buah-buahan.

jika bicara mengenai sistem pencernaan, sebenarnya buah potong lebih baik karena pada proses konsumsi akan melewati proses mengunyah. Hal ini secara tidak langsung menghasilkan enzim amilase yang membantu meningkatkan sistem pencernaan serta memaksimalkan proses penyerapan zat gizi.

Saat ini, buah potong sendiri bisa didapatkan dengan mudah. Biasanya di supermarket, buah potong dijual dengan harga yang terjangkau. Dilansir dari Suara.com, terlebih buah potong yang dijual juga bermacam-macam jenisnya.

Di balik kepraktisan tersebut, buah potong ternyata juga kurang sehat untuk dikonsumsi dibandingkan dengan buah utuh. Melansir dari laman KlikDokter, ada beberapa alasan kenapa buah potong kurang sehat. Serikut ini penjelasannya.

1. Tidak Segar

Buah utuh memiliki kesegaran yang lebih terjaga dibandingkan dengan buah potong. Terutama pada buah yang telah dipotong lama. Padahal, setelah dipotong buah harus sesegera mungkin dikonsumsi untuk mendapatkan rasa dan manfaat yang masih terjaga. Sedangkan pada buah potong, biasanya tekstur, rasa dan warna buah sudah berubah. Akibatnya buah menjadi kurang segar saat dikonsumsi.

2. Mudah Teroksidasi

Pernah melihat buah apel yang berubah kecokelatan setelah dibuka? Nah, itu biasa disebut dengan oksidasi. Buah sendiri memiliki beberapa kandungan yang membuatnya mudah teroksidasi setelah dibuka. Selain itu, kandungan air dalam buah juga akan menguap. Itulah mengapa buah sebaiknya dikonsumsi secara langsung sesaat setelah dibuka.

Buah yang teroksidasi juga rentan terkontaminasi bakteri lain yang bisa menimbulkan penyakit. Apalagi saat wadah yang digunakan untuk memotong dan menyimpannya kurang bersih. Proses oksidasi ini juga bisa mengurangi kandungan vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah.

3. Kandungan Gizi Berkurang

Proses penguapan kandungan air pada buah setelah dipotong bisa menyebabkan kandungan gizi dan vitamin di dalamnya ikut berkurang. Padahal selain mendapatkan kesegaran, buah juga dikonsumsi karena manfaatnya. Jika buah sudah kehilangan kandungan penting di dalamnya, manfaat buah juga menjadi tidak bisa dirasakan. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya hindari membeli buah potong atau dengan membeli buah yang baru dipotong.

Nah, itu dia beberapa alasan kenapa buah potong kurang sehat dikonsumsi daripada buah utuh.

Claudia