blank
ilustrasi buah kesemek yang baik untuk penderita asam lambung. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Buah kesemek atau pesimmonkaki, dengan nama lain yaitu Diospyros kaki L Marga Diospyros memiliki sekitar 700 spesies tanaman namun hanya beberapa saja yang dibudidayakan komersial.

Buah kesemek berasal dari Jepang dan Cina. Di dalamnya terdapat banyak vitamin dan mineral yang berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan sebagai zat antikanker. Kesemek merupakan buah yang memiliki bentuk bulat dan memiliki kulit tipis yang dapat dimakan.

Mungkin beberapa orang masih merasa asing dengan buah kesemek, apalagi bentuknya yang mirip dengan buah tomat. Akan tetapi, buah ini mempunyai tekstur yang lebih lembut dan mengandung banyak air.

Baca Juga:Ini 6 Jenis Bumbu Dapur yang Aman bagi Penderita Asam Lambung

Salah satu ciri khasnya adalah adanya warna putih, seperti bedak yang melumuri buah. Itulah sebabnya sebagian menyebut kesemek sebagai buah genit, karena “camerok” memakai bedak. Padahal noda putih di permukaan kesemek merupakan kapur. Yang sengaja dilumurkan untuk meredam rasa sepat dan menghilanglan getahnya.

Buah kesemek bermanfaat dalam memelihara kesehatan jantung berasal dari kandungan antioksidan flavonoid dan tanin yang cukup tinggi. Antioksidan tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, serta mengurangi peradangan, sehingga baik dikonsumsi untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Seperti dilansir dari Nutrilakes.id, berikut ini adalah manfaat buah kesemek untuk asam lambung yang mungkin jarang orang ketahui.

Baca Juga: Menurunkan Risiko Naiknya Asam Lambung, Ini Lima Khasiat Mengonsumsi Susu Jahe

1. Mengatasi radang

Buah kesemek ini mempunyai lapisan putih di permukaan kulitnya dan terdapat kandungan tanin serta zat anti inflamasi. Oleh karena itu, apabila dikonsumsi dapat mengatasi radang lambung, dengan cara area lambung yang terkena radang memperoleh nutrisi. Maka tak heran, apabila buah ini kerap dikonsumsi oleh seseorang yang mengalami luka atau infeksi di area tubuhnya.

2. Mengurangi produksi asam lambung

Seseorang mungkin saja mengalami asam lambung tinggi yang disebabkan oleh banyak hal. Bahkan produksi asam lambung yang melebihi jumlah normal ini bisa naik hingga ke tenggorokan dan apabila dibiarkan terus-menerus hal ini bisa mengganggu proses metabolisme.

Kemudian buah kesemek yang dimakan segar ini dapat mengurangi produksi asam lambung karena di dalamnya terdapat protein, kalsium, kalium, dan zat besi yang mana mengurangi asam lambung.

Baca Juga: Benarkah, Puasa Ramadan Dapat Menurunkan Gejala Asam Lambung Akut?

3. Membuat proses pencernaan makanan lancar

Adanya kandungan air dalam buah kesemek ini sangat baik untuk asam lambung pada saat proses pencernaan itu terjadi. Pasalnya, asam lambung ini membutuhkam banyak cairan untuk melaksanakan tugasnya dalam mengolah zat makanan yang masuk ke dalam mulut.

4. Mempercepat penyembuhan

Seseorang yang mengalami masalah asam lambung ini pasti biasanya merasakan gejala seperti mual, mules, mulut menjadi asam dan juga sakit di bagian ulu hati. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah kesemek yang segar karena di dalamnya terdapat kandungan air bercampur dengan zat-zat penting di dalamnya. Akan tetapi, hal ini tentunya tidak bisa berjalan dengan baik dan butuh waktu dan juga harus diimbangi dengan mengonsumsi makanan berserat seperti karbohidrat.

Demikianlah beberapa manfaat buah kesemek bagi kesehatan lambung. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Claudia