blank
Oregano. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Bumbu merupakan tanaman aromatik yang ditambahkan pada makanan untuk penyedap dan pembangkit selera makan. Selain memberikan aroma manis, bumbu dapur ini juga memberikan rasa segar pada masakan. Selain pada hidangan masakan, bahan dasar ini juga kerap menjadi pelengkap bahan membuat minuman dan juga kue.

Bumbu menjadi identitas suatu makanan. Pencampuran beberapa bumbu yg dimasak menjadi satu dapat memunculkan rasa yang unik dan bisa menjadi cita rasa khas yang melekat pada makanan.

Dilansir dari Suara.com, bagi beberapa penderita asam lambung, penggunaan bumbu dapur yang salah dapat menyebabkan iritasi lambung sehingga memperburuk kondisi kesehatannya.

Baca Juga: Ini Perbedaan Asam Lambung dan Maag, Kamu Wajib Tahu!

Oleh karena itu, penting bagi penderita asam lambung untuk memilih jenis bumbu dapur yang aman dan nyaman dikonsumsi. Melansir dari Sehatq, berikut beberapa jenis bumbu dapur yang aman untuk penderita asam lambung:

1. Jahe

Jahe sudah tidak diragukan lagi khasiatnya untuk penderita asam lambung. Jahe memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada lambung.

Selain itu, jahe juga dapat membantu meningkatkan proses pencernaan dan mengurangi gejala asam lambung seperti rasa panas dan mual. Jahe dapat digunakan dalam bentuk segar yang diparut atau sebagai tambahan pada masakan.

2. Kunyit

Selain jahe, kunyit juga merupakan bumbu dapur yang aman untuk penderita asam lambung. Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Senyawa ini dapat membantu melindungi lambung dari kerusakan akibat asam lambung berlebih.

Baca Juga: Menurunkan Risiko Naiknya Asam Lambung, Ini Lima Khasiat Mengonsumsi Susu Jahe

Selain itu, kunyit juga dapat membantu meningkatkan produksi lendir lambung yang dapat melapisi dinding lambung dan melindunginya dari iritasi. Kunyit dapat digunakan dalam bentuk segar yang diparut atau sebagai bumbu masakan.

3. Ketumbar

Ketumbar memiliki sifat antiinflamasi dan antispasmodik yang dapat membantu meredakan gejala peradangan pada lambung dan mengurangi rasa sakit akibat kontraksi otot pada lambung. Bumbu ini dapat digunakan dalam bentuk biji ketumbar yang dihaluskan atau sebagai tambahan pada masakan.

4. Bawang putih bubuk

Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antikanker yang dapat membantu melindungi lambung dari infeksi dan kerusakan akibat radikal bebas. Namun, mengonsumsi bawang putih berlebihan ternyata juga dapat memicu asam lambung.

Baca Juga: Dapat Mengurangi Gejala Asam Lambung, Ini 5 Makanan Pengganti Nasi yang Dapat Dicoba

Oleh karena itu, menggunakan bawang putih bubuk diklaim lebih aman untuk mencegah asam lambung, karena senyawa bioaktifnya lebih rendah daripada bawang putih segar.

5. Kayu manis

Kayu manis memiliki sifat antiinflamasi dan antidiabetik yang dapat membantu mengurangi peradangan pada lambung dan memperbaiki metabolisme glukosa. Walaupun kayu manis bermanfaat untuk penderita asam lambung, tetap diingat untuk mengonsumsi sewajarnya saja.

6. Oregano

Oregano memiliki sifat anti peradangan, antimikroba, dan kaya akan antioksidan yang dapat membantu melindungi lambung dari infeksi bakteri dan meredakan peradangan.

Itulah beberapa jenis bumbu dapur yang aman dan nyaman untuk penderita asam lambung. Perlu diketahui, walaupun bumbu dapur yang disebutkan di atas aman untuk penderita asam lambung, tetap diperlukan kehati-hatian dalam jumlah dan cara penggunaannya.

Selain itu, penderita asam lambung juga perlu mengatur pola makan yang seimbang dan menghindari makanan atau minuman yang dapat memicu gejala asam lambung.

Claudia