blank
Ilustrasi musim hujan. Foto: Dok/PNG

SEMARANG (SUARABARU.ID) –┬áMusim hujan sebentar lagi akan tiba. Perubahan cuaca dari panas ke musim dingin membuat tubuh lebih rentan terserang penyakit.

Untuk menjaga kesehatan di musim hujan, ada beberapa obat yang harus kamu siapkan di rumah. Obat-obatan tersebut dapat diberikan kepada anggota keluarga yang mendadak sakit. Mempersiapkan obat-obatan di rumah adalah hal penting yang harus dilakukan setiap orang.

Apa saja obat-obatan yang harus dipersiapkan di rumah? Melansir dari Klikdokter, ada beberapa obat yang harus disiapkan di rumah selama musim hujan.

1. Obat demam
Demam adalah reaksi yang paling sering terjadi saat tubuh mengalami infeksi. Infeksi dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti bakteri, virus, atau jamur. Selama musim hujan, perubahan cuaca dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun dan membuat tubuh rentan terkena infeksi.

Demam merupakan cara tubuh untuk merespons adanya infeksi. Demam ditandai dengan naiknya suhu tubuh di atas 37,5 derajat Celsius.

Obat yang dapat diberikan sebagai pertolongan pertama saat demam adalah parasetamol atau ibuprofen. Bentuk dari kedua obat ini beragam mulai dari tablet, sirup, hingga drop (cairan tetes).

Persiapkan obat ini di rumah selama musim hujan serta sesuaikan dengan kebutuhan anggota keluarga. Apabila ada anggota keluarga yang masih bayi atau anak-anak, mungkin sebaiknya disediakan bentuk drop dan sirup.

2. Obat diare
Musim hujan membuat kuman lebih mudah mengontaminasi makanan dan minuman. Kontaminasi kuman dapat menyebabkan diare. Kondisi diare ditandai dengan konsistensi feses yang lebih cair dan frekuensi buang air besar lebih dari tiga kali dalam sehari.

Diare paling sering disebabkan oleh virus, sehingga kamu dapat menyediakan obat attapulgite dan loperamide. Kedua obat ini dapat membantu mengurangi diare dengan cara mengikat racun untuk dikeluarkan dan mengurangi pergerakan usus.

Tidak semua jenis diare dapat diatasi menggunakan obat-obatan tersebut. Diare yang disertai demam tinggi, muncul darah di feses, dan ada gejala dehidrasi, harus segera dirujuk ke rumah sakit.