Ilustrasi hujan. Foto: Dok/PNG

3. Obat batuk
Tingginya curah hujan dapat membawa polusi serta debu beterbangan di udara. Akibatnya, kamu rentan mengalami batuk. Batuk dapat disebabkan oleh infeksi bakteri maupun virus. Biasanya, pengobatan batuk dapat dibagi berdasarkan jenis batuknya, yaitu batuk berdahak atau kering.

Untuk batuk berdahak, kamu dapat menggunakan obat ekspektoran dan mukolitik yang berguna mengencerkan serta mengeluarkan dahak. Untuk batuk kering, kamu bisa menggunakan obat batuk jenis antitusif.

4. Obat alergi
Bagi orang-orang yang memiliki alergi cuaca, kamu harus menyediakan obat alergi di rumah. Reaksi alergi dapat menyebabkan gejala, seperti hidung berair, keluhan gatal, dan yang lainnya.

Obat alergi yang dapat disediakan di rumah adalah antihistamin atau kortikosteroid. Hati-hati dengan penggunaan obat-obatan ini karena dapat menimbulkan efek samping tertentu seperti mengantuk.

Selalu konsultasikan kepada dokter mengenai pilihan obat serta dosis tepatnya ketika kamu memiliki alergi tertentu.

5. Obat pilek
Pilek sering terjadi saat musim hujan dan biasanya disebabkan oleh infeksi virus. Penyakit yang disebabkan virus dapat sembuh dengan sendirinya, kira-kira dalam waktu 7 hingga 14 hari.

Oleh karena itu, pengobatan infeksi virus umumnya hanya fokus untuk mengatasi gejala-gejala yang timbul. Untuk pilek yang menyebabkan hidung tersumbat, kamu dapat menggunakan decongestant.

6. Obat sakit tenggorokan
Musim hujan juga membuat tubuh rentan terinfeksi virus yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Obat pereda nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen dapat digunakan untuk mengatasi tenggorokan nyeri.

Obat-obatan lain yang punya efek kandungan mendinginkan seperti menthol atau eucalyptus juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri tenggorokan.

7. Suplemen vitamin dan mineral
Selama musim hujan, perubahan cuaca dari panas ke hujan kerap membuat daya tahan tubuh menjadi turun. Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk menjaga kesehatan tubuh dengan makan makanan bergizi seimbang, berolahraga secara teratur, dan tidur cukup.

Kamu juga bisa mengkonsumsi suplemen vitamin dan mineral tambahan untuk menjaga kesehatan jika diperlukan. Jangan lupa untuk memperhatikan dosis yang disarankan ya!

Itu tadi beberapa obat yang perlu disiapkan di rumah selama musim hujan. Sebagian besar obat-obat yang disebutkan di atas dijual bebas. Walaupun demikian, konsumsi obat-obatan tersebut sesuai dengan aturan dan dosis yang tercantum pada label kemasan.

Ning S