blank
Iluistrasi sakit perut akibat asam lambung. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Bagi sebagian orang yang memiliki penyakit asam lambung bisa menjadi masalah yang cukup mengganggu. Gejala seperti rasa terbakar di dada, mual, atau bahkan muntah setelah makan sering terjadi pada penderita asam lambung.

Selain itu faktor stres dan cemas, kebiasaan pola makan juga memengaruhi terjadinya penyakit asam lambung. Setelah makan terus tidur terlentang justru melemahkan otot esofagus, makan terlalu terburu-buru, atau sering mengonsumsi makanan fast food. Pola makan juga diperbaiki. Salah satu faktor yang bisa memicu kondisi ini adalah makanan yang dikonsumsi.

Oleh karena itu, pengganti nasi yang tepat bisa membantu mengurangi gejala yang tidak nyaman ini. Dilansir Alodokter, berikut adalah 5 makanan pengganti nasi yang dapat kamu coba:

Baca Juga: Tips Ketika Asam Lambung Kumat

1. Ubi jalar

Ubi jalar mengandung serat yang tinggi, sehingga bisa membantu melancarkan sistem pencernaan dan mengurangi gejala asam lambung. Selain itu, kandungan vitamin C dan antioksidan dalam ubi jalar juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

2. Roti gandum

Roti gandum juga bisa menjadi pilihan pengganti nasi yang sehat. Roti gandum mengandung serat yang tinggi, tapi rendah lemak dan kolesterol. Dengan mengonsumsi roti gandum, kamu dapat merasa kenyang lebih lama tanpa harus khawatir akan gejala asam lambung yang mungkin muncul. Kamu bisa membuat sandwich sehat dengan roti gandum dan berbagai isian seperti sayuran segar dan daging rendah lemak.

3. Oatmeal

Oatmeal memiliki kandung tinggi serat dan rendah lemak, sehingga baik untuk pencernaan dan dapat membantu mengurangi risiko gejala asam lambung. Selain itu, oatmeal juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Baca Juga:Ini 6 Pilihan Buah yang Aman untuk Asam Lambung

4. Kentang

Kentang mengandung vitamin C dan kalium yang baik untuk kesehatan pencernaan dan mencegah gejala asam lambung. Kentang juga rendah kalori, sehingga cocok juga untuk kamu yang sedang menjalani program diet. Kamu bisa mengolah kentang menjadi berbagai hidangan, seperti kentang rebus, kentang panggang, atau kentang tumbuk.

5. Pisang

Mengandung serat yang tinggi, pisang dapat membantu menetralkan asam lambung dan meredakan gejala yang tidak nyaman. Kamu bisa mengonsumsi pisang langsung atau menggunakannya sebagai bahan tambahan dalam smoothie atau yoghurt.

Dilansir dari Suara.com, walaupun makan nasi putih adalah kebiasaan yang umum, tapi bagi penderita asam lambung, menggantinya dengan makanan yang lebih sehat dan ramah lambung bisa membantu meringankan gejala yang tidak nyaman.

Jadi, kalau kamu ingin mengurangi asam lambung, tidak ada salahnya mencoba 5 makanan pengganti nasi ini. Selain mengurangi gejala asam lambung, makanan-makanan ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. Selamat mencoba!

Claudia