blank
Ilustrasi buah-buahan yang aman untuk asam lambung. Foto: Dok/Alodokter

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Bagi kamu penderita penyakit asam lambung harus selektif dalam memilih makanan, tak terkecuali buah-buahan.

Buah yang aman untuk asam lambung adalah buah yang tidak terlalu asam, seperti pisang, kelapa, melon, semangka, atau alpukat.

Melansir dari Alodokter, produksi asam di lambung bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah makanan yang dikonsumsi. Konsumsi buah-buahan sitrus, seperti jeruk dan lemon, dapat memicu peningkatan produksi asam di lambung, sehingga tidak disarankan bagi penderita penyakit asam lambung (GERD).

Selain itu, buah-buahan yang sangat asam juga dapat mengiritasi lapisan lambung dan kerongkongan. Hal ini akan memperburuk gejala penyakit asam lambung, seperti mual dan muntah, heartburn, nyeri dada, hingga kesulitan menelan.

Namun, kamu tak perlu khawatir karena masih banyak buah yang aman untuk asam lambung yang bisa dimasukkan ke dalam menu diet sehat sehari-hari.

Beragam buah yang aman untuk asam lambung

Buah yang aman untuk asam lambung adalah buah dengan pH tinggi atau memiliki kadar asam yang rendah. Buah-buahan tersebut tidak akan memicu peningkatan produksi asam di lambung.

Berikut ini adalah beberapa pilihan buah yang baik dikonsumsi untuk penderita penyakit asam lambung.

1. Pisang
Pisang tergolong buah yang rendah asam, sehingga menjadi salah satu buah yang aman untuk asam lambung. Buah ini juga mengandung serat yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Semakin sehat sistem pencernaan kamu, semakin rendah risiko kamu terkena penyakit asam lambung.

Selain mengandung serat, pisang juga kaya akan kalium, elektrolit, dan vitamin B6 yang baik untuk kesehatan jantung dan tulang kamu.

2. Apel
Apel merupakan salah satu pilihan buah yang aman untuk asam lambung karena kadar asamnya tergolong rendah. Selain itu, apel juga kaya akan serat yang bisa membuat kamu kenyang lebih lama, serta membantu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah kenaikan gula darah.

3. Melon
Karena memiliki kadar asam sangat rendah, melon juga termasuk ke dalam buah yang aman untuk asam lambung. Buah dengan daging berwarna hijau atau jingga ini juga mengandung kalium yang baik untuk kesehatan jantung, serta kaya akan senyawa antioksidan yang berperan penting dalam mencegah peradangan.