blank
Tahu yang kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. Foto: freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tahu merupakan suatu produk makanan berupa padatan lunak yang dibuat melalui proses pengolahan kedelai (Glycine sp.) dengan cara pengendapan proteinnya, dengan atau tidak ditambah bahan lain yang diizinkan.

Dari berbagai nutrisi yang disebutkan diatas, tahu paling dikenal sebagai sumber protein nabati yang bermanfaat bagi tubuh. Bahkan, makanan ini kerap menjadi sumber protein bagi para vegetarian karena konon bisa menggantikan nilai gizi daging. Nilai gizi tahu tidak hanya itu.

Tahu mengandung berbagai mineral seperti kalsium, zat besi, fosfat, kalium, natrium, serta vitamin seperti kolin, vitamin B dan vitamin E. Kandungan asam lemak jenuhnya rendah dan bebas kolesterol.

Baca Juga: Wajib Tahu! Lima Tips Efektif Mengusir Nyamuk Saat Musim Hujan

Tahu jadi makanan yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat Indonesia, bukan hanya lezat dan serbaguna dalam berbagai masakan, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Dengan kandungan yang kaya akan nutrisi, vitamin dan lemak, konsumsi tahu ternyata bisa memberikan dampak positif bagi tubuh. Dilansir dari Suara.com, berikut adalah enam manfaat kesehatan mengonsumsi tahu secara rutin.

1. Sumber Protein yang Berkualitas

Tahu merupakan sumber protein nabati berkualitas tinggi yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Protein yang terkandung di dalam tahu juga membantu menjaga massa otot dan mengoptimalkan fungsi dan kerja organ tubuh.

Baca Juga: Ini Makanan Berserat Terbaik untuk Kesehatan, Kamu Harus Tahu!

2. Membantu Mengontrol Berat Badan

Kandungan protein dan serat dalam tahu juga dapat bisa membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan alias kenyang lebih lama. Hal ini tentu dapat menjadi alternatif menu untuk menjaga berat badan yang ideal.

3. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Tahu mengandung kalsium, fosfor, dan magnesium yang penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Konsumsi tahu secara teratur dapat membantu mencegah risiko osteoporosis dan menjaga kepadatan tulang.

4. Menyupport Fungsi Jantung

Lemak tak jenuh dalam tahu, seperti asam lemak omega-3 dan omega-6, dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Tiga Pemanfaatan Limbah Nasi Basi yang Jarang Diketahui

5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Tahu memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti makanan ini tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang tajam setelah dikonsumsi. Ini bermanfaat bagi penderita diabetes atau mereka yang ingin menjaga kadar gula darah tetap stabil.

6. Zat Besi Tercukupi

Tahu mengandung zat besi non-heme, yang dapat membantu mencegah anemia atau kekurangan zat besi pada tubuh. Apalagi jika dikombinasikan dengan berbagai macam vitamin C yang terdapat pada sayuran dan buah, seperti sayuran hijau, jeruk, jambu merah. Jika ini dilakukan maka bisa meningkatkan penyerapan zat besi.

Konsumsi tahu sebagai bagian dari pola makan seimbang bisa memberikan manfaat kesehatan seperti yang dijelaskan oleh sumber tulisan Kenali Manfaat Tahu Bagi Kesehatan Tubuh dan Daftar Nutrisinya.

Claudia