blank
Direktur HR GA Pura Group Agung Subani bersama Anggota Komisi C DPRD Kudus Kholid Mawardi saat menyerahkan bantuan untuk pengungsi di posko Terminal Induk Jati. Foto:Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Ratusan warga korban banjir di Kecamatan Karanganyar, Demak harus dievakuasi ke wilayah Kabupaten Kudus. Hingga Jumat (9/2) sore, jumlah pengungsi terus bertambah mengingat evakuasi terus berlangsung.

Evakuasi ini dilakukan mengingat banyaknya warga yang sampai saat ini masih terjebak di pemukiman yang tergenang banjir. Kebanyakan mereka bertahan di lantai atas rumah dan bahkan ada yang harus naik ke atap rumah.

Data BPBD Kudus, jumlah pengungsi asal Demak yang mengungsi di Kudus diantaranya di Terminal Induk Jati dengan pengungsi berkisar 300 orang, Balai Desa Jatiwetan, Kecamatan Jati sebanyak 250 an orang dan di Aula Koramil Jati berkisar 25 orang

“Jumlah ini bisa saja terus bertambah mengingat genangan air masih cukup tinggi dan proses evakuasi terus berlangsung,”kata Kasi Rehab Rekon BPBD Kudus Arief Anggoro.

Menurut Arief, BPBD Kudus bersama para relawan saat ini terus bekerja keras untuk menangani para pengungsi yang kebanyakan merupakan perempuan, anak-anak dan lansia.

BPBD Kudus juga memastikan semua kebutuhan para pengungsi bisa tercukupi.

“Yang paling dibutuhkan saat ini adalah bahan makanan pokok, obat-obatan, selimut, popok bayi dan lansia. Untuk kebutuhan makanan, kami juga sudah mengoperasionalkan dapur umum,”tandasnya.

blank
Proses evakuasi warga yang terjebak banjir di Karanganyar Demak terus dilakukan. Foto:Ali Bustomi

Menurut Arief, dalam penanganan pengungsi, BPBD Kudus juga mendapat banyak dukungan dari kalangan perusahaan swasta yang ada di Kudua. Salah satunya adalah PT Pura yang langsung bergerak ikut membantu penanganan pengungsi.

Sementara, Direktur HR GA Pura Group Agung Subani yang ditemui saat penyerahan bantuan di posko terminal Induk Kudus menyebutkan, PT Pura menegaskan komitmennya untuk membantu Pemkab Kudus dalam menangani pengungsi banjir Demak ini.

Begitu gelombang pengungsi datang, PT Pura sudah membantu penyediaan palet kayu untuk lantai tenda pengungsian, dan dilanjutkan dengan pemberian bantuan berupa bahan kebutuhan pokok, obat-obatan dan air bersih.

“Untuk hari ini kami menyerahkan bantuan berupa makanan siap santap, obat-obatan, dan air mineral. Nanti kami juga akan membantu penyediaan air bersih untuk kebutuhan pengungsi,”papar Agung.

Agung yang juga didampingi Anggota Komisi C DPRD Kudus, Kholid Mawardi menyampaikan meski pengungsi yang ada semuanya adalah warga Demak, PT Pura tetap memberikan bantuan dengan alasan kemanusiaan. Karena bagaimanapun juga penanganan bencana ini harus dilakukan dengan kerjasama dengan semua pihak.

Ali Bustomi.