blank
Konsorsium Mengutamakan Karya (Mekar) UKSW gelar Studium Generale. Foto: Dok/UKSW

Lebih lanjut disampaikanya, pembelian dalam B2C umumnya bersifat jangka pendek sedangkan pada B2B pembelian dilakukan untuk jangka panjang.

Di akhir paparannya, Jessica Gunawan memberikan tips kepada mahasiswa untuk bertahan di manapun mereka bekerja. “Hal penting yang harus kalian pegang untuk tetap bertahan adalah memiliki sikap yang tangguh, lincah, fleksibel dan mampu beradaptasi,” bebernya.

Pemasaran B2B

Sementara itu, Dr. Antonius Surjo Abdi memaparkan materi bertajuk “Business to Business Marketing in Food Manufacturing”. Melalui kesempatan ini, ia mengupas banyak hal mengenai pemasaran B2B dalam industri makanan global.

“Pemasaran B2B dalam industri makanan global mencakup sejumlah fenomena yang didorong oleh evolusi preferensi konsumen, kemajuan teknologi, kepedulian akan keberlanjutan, dan perubahan regulasi,” paparnya.

Dr. Antonius Surjo Abdi menerangkan bahwa pemasaran B2B yang sukses dalam bisnis bahan baku pangan global melibatkan pemahaman tentang tren pasar, menanggapi permintaan konsumen, dan menekankan keberlanjutan.

Lebih lanjut disampaikannya, terdapat tantangan yang dihadapi untuk mewujudkan kesuksesan tersebut salah satunya adalah segmentasi pasar yang beragam. “Strategi yang harus kita lakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan riset pasar yang mendalam untuk memahami kebutuhan, preferensi, dan masalah dari setiap sudut segmen,” tandasnya.

Ning S