Kiai NU di wilayah Cilacap siap memenangkan Prabowo-Gibran satu putaran. Foto : SB/Muharno Zarka

CILACAP (SUARABARU.ID)-Pengasuh PP Al-Anwar Maron Purworejo Jawa Tengah KH Mahfudz Hamid Zen atau Gus Apud meminta seluruh kiai-kiai NU di wilayah Cilacap kompak satu komando untuk memenangkan Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 14 Februari 2024 nanti.

Permintaan tersebut mengemuka saat digelar “Halaqah Kiai NU Cilacap untuk Kemenangan Prabowo-Gibran” di RM Berkah Sehat Sampang Cilacap, kemarin. Hadir dalam kesempatan itu sebagai narasumber, K Mustajab, H Yusro (Bendahara PCNU), K Mughis (Syuriah MWC NU Sampang) dan K Ali Sadikin.

Menurut Gus Apud, Prabowo-Gibran merupakan penerus Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Selama ini perhatian Jokowi terhadap NU, pesantren, santri dan guru ngaji sudah cukup baik. Maka perhatian tersebut perlu dilanjutkan oleh penerusnya, Prabowo-Gibran.

“Sejauh ini Presiden Jokowi telah menetapkan Hari Santri Nasional (HSN) setiap tanggal 22 Oktober dan UU No 18 tahun 2019 tentang Pesantren. Kebijakan tersebut merupakan bagian dari perhatian pemerintah pada NU, pesantren dan santri. Penetapan HSN dan UU Pesantren kian meneguhkan eksistensi santri oleh pemerintah dan negara,” tegas dia.

Menghitung Hari

Peserta “Halaqah Kiai NU untuk kemenangan Prabowo-Gibran Satu Putaran” di Cilacap foto bersama. Foto : SB/Muharno Zarka

Menurut K Mughis, yang juga Syuriah MWC NU Sampang Cilacap itu, Pilpres 14 Februari 2024 sangat strategis bagi kepentingan NU ke depan. Karena itu, para kiai-kiai NU musti bergerak di masyarakat untuk memenangkan Capres-Cawapres No Urut 02, Prabowo-Gibran.

“Mari ajak warga nahdliyin, santri, jamaah pengajian, keluarga, tetangga dan teman di lingkungan masing-masing untuk memilih Prabowo-Gibran. Jika terpilih jadi Presiden dan Wakil Presiden, keduanya pasti akan memberi perhatian pada warga NU, pesantren dan santri,” tuturnya.

Sementara itu, H Yusro berpesan saat melakukan kampanye untuk kemenangan Prabowo-Gibran, harus dilakukan dengan cara yang baik dan persuasif. Tidak perlu menyudutkan dan menjelekkan Capres dan Cawapres lain. Cukup sampaikan kebaikan-kebaikan yang telah dilakukan Prabowo-Gibran.

Ditambahkan K Mustajab, seluruh kiai NU di wilayah Cilacap yang hadir dalam halaqah tersebut, sepakat dengan permintaan Gus Apud untuk memenangkan Prabowo-Gibran. Mereka siap untuk memenangkan Capres dan Cawapres yang didukungnya di tempat pemungutan suara (TPS) masing-masing.

Muharno Zarka