blank
Jeremy saat menceritakan pengalamannya bekerja di luar negeri, pada mahasiswa International Undergraduate Program (IUP) SCU. Dia berpesan, agar jangan takut gagal dalam berusaha. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Alumnus Food Science Pennsylvania State University, yang ada di Amerika Serikat, Jeremy A Purwo, berkunjung ke kampus Soegijapranata Catholic University (SCU), Semarang.

Dia hadir di tengah mahasiswa International Undergraduate Program (IUP) SCU, dalam acara Mentoring Session. Kegiatan ini diselenggarakan di Kampus 2 SCU, BSB, Semarang, baru-baru ini.

Jeremy yang saat ini berkarier di Mars Wrigley, berkesempatan menceritakan pengalamannya meniti karier di luar negeri. Dia juga membagikan pengalamannya berkuliah sambil bekerja di AS. Mulai dari peluang dan tantangan yang dihadapi, hingga menceritakan pengalamannya beradaptasi selama menetap di Negeri Paman Sam ini.

BACA JUGA: Antisipasi Knalpot Brong, Sipropam Polres Blora Periksa Kendaraan Anggota Polisi

”Jeremy menceritakan, bagaimana kehidupan di luar negeri, bagaimana berjuang di sana, serta skill seperti apa yang perlu dipersiapkan. Pertanyaan-pertanyaan itu muncul dari para mahasiswa,” ujar Peter Ardhianto PhD, Direktur IUP SCU.

Kegiatan ini diselenggarakan IUP SCU, tiap dua bulan sekali. Sebelumnya, IUP SCU juga telah menghadirkan pembicara dari Oklahoma dan Lithuania. ”Kami membekali mahasiswa dengan me-maintenance goal setting mereka. Karena mereka memang basic-nya kita persiapkan untuk bisa bersaing di dunia internasional, dan bekerja di luar negeri,” imbuhnya.

Mentoring Session merupakan upaya IUP SCU, dalam memperluas sudut pandang mahasiswanya. Selain itu, adanya kurikulum khas, General Education, mendukung tercapainya Whole Person Education, yang menjadi fokus IUP SCU.

BACA JUGA: Pemkab Wonosobo Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya

Kurikulum ini didukung melalui empat pilar, yaitu People Skills, Sustainability and Happiness, Global Citizenship and Cultural Intelligence, dan Science, Technology, and Society.

Kurikulum itu menghadirkan berbagai mata kuliah di tahun pertama studi mahasiswa. Beberapa di antaranya Happiness, Creative Minds, Food, Body dan Mind, Indonesia Tradition & Multi-Ethnicity yang yang dipelajari mahasiswa di semester pertama.

Selain itu, mata kuliah Eco-Lifestyle and Sustainability, ⁠Indonesia and The World, Digital Literacy and Competency, dan Journey of Thoughts, juga dipelajari mahasiswa di semester kedua.

BACA JUGA: Berhasil Ungkap Kasus TPPO dan Kekerasan Perempuan-Anak, Polres Brebes Dapat Penghargaan dari TRC

”IUP SCU mempersiapkan mentalitas dan pola pikir mahasiswa lewat pembelajaran mendalam. Maka kami hadirkan berbagai keilmuan yang berguna, saat mereka ada di luar,” tegas Peter lagi.

Dia berharap, kegiatan ini dapat mempersiapkan mahasiswa untuk bisa bersaing di dunia internasional. Hal ini juga sejalan dengan fokus IUP SCU, untuk mencetak lulusan yang dapat berkarya di luar negeri.

”Mahasiswa harus proaktif, dan jangan takut gagal. Ini yang harus kalian pegang, untuk bisa berkarya di luar negeri,” pesan Jeremy kepada mahasiswa SCU.

Saat ini ada lima program kelas internasional yang dihadirkan IUP SCU. Lima program itu yakni, Visual Interactive Design, Food Technology and Innovation, AI and Big Data, Global Architecture, dan International Accounting.

Riyan