blank
ilustrasi hujan. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Ketika awan telah menjadi sangat berat, awan tak dapat lagi menampung air. Maka, perlahan air di awan mencair dan jatuh ke dataran. Butiran air dari awan yang jatuh ke dataran disebut sebagai hujan.

Turunnya hujan dapat memberikan kesegaran dan memberikan manfaat untuk lingkungan sekitar. Sebelum hujan turun, alam seringkali memberikan beberapa tanda-tanda yang dapat dilihat dan dirasakan.

Hal itu bisa menjadi satu pertanda alam sebagai alarm dan pemberitahuan kepada manusia untuk segera bersiap akan datangnya air hujan dari atas langit.

Baca Juga: Perlu Tahu! Ini Lima yang Barang Wajib Dibawa Saat Musim Hujan Tiba

Pertanda itu juga yang bisa kamu gunakan sebagai cara untuk terhindar dari bahaya hujan dan mengantisipasi apa yang akan terjadi dengan membawa payung dan mantel pada hari tersebut. Dilansir dari Suara.com, berikut ini 5 tanda-tanda sebelum turunnya hujan bisa kamu cari tahu dengan memperhatikan hal dibawah ini:

1. Angin kencang

Sebelum hujan turun, angin kencang sering kali terjadi karena adanya perbedaan suhu antara udara yang hangat dan udara yang dingin. Angin kencang dapat memberikan peringatan bahwa hujan akan segera turun. Timbulnya angin kencang bisa menjadi menjadi salah satu tanda bahwa akan datangnya hujan hari itu, maka sudah seharusnya untuk bersiap dan tidak mencoba untuk melawan alam yang telah memberi tahu tanda-tandanya saat ini.

2. Langit berwarna kelabu

Saat langit yang biasanya cerah menjadi kelabu, itu adalah tanda bahwa awan mendung telah terbentuk dan menutupi sinar matahari. Ini juga menunjukkan bahwa hujan akan datang. Langit yang tadinya cerah kemudian berwarna kelabu bisa dengan mudah kamu lihat karena perubahan warna awannya langsung bisa dirasakan saat itu juga dengan mencoba melihat ke atas langit.

Baca Juga: Saat Musim Hujan Perlukah Mengaplikan Sunscreen? Yuk Simak…

3. Bau tanah yang basah

Saat tanah mulai terasa basah, dan ada aroma khas tanah basah, itu adalah tanda bahwa hujan akan datang. Ini disebabkan oleh perubahan tekanan atmosfer yang terjadi sebelum hujan.

Bau tanah yang basah biasanya tidak tercium, sekarang mulai terasa di area hidungmu, kepekaan mungkin akan menjadi pembeda antara dirimu dengan lainnya, dan belajar untuk mencoba memaksimalkan fungsi indra penciumanmu dalam merasakan perbedaan sebelum hujan turun dari aroma tanah pada saat itu juga.

4. Penurunan suhu

Sebelum hujan turun, seringkali terjadi penurunan suhu. Ini karena awan mendung yang menutupi matahari dan menghalangi sinar matahari mencapai bumi. Perubahan suhu yang drastis dapat menjadi tanda bahwa hujan akan turun.

perubahan suhu bisa terjadi ketika yang tadinya panas tiba-tiba menjadi cukup sejuk, dan itu bisa menjadi sebuah ancang-ancang bagi dirimu untuk menyiapkan diri dalam skenario terburuk yaitu turunnya hujan pada saat itu juga.

5. Suara petir dan kilat

Petir dan kilat sering kali muncul sebelum hujan turun. Ini disebabkan oleh adanya muatan listrik di awan yang terjadi sebelum hujan turun. Suara petir dan kilat dapat memberikan peringatan bahwa hujan akan datang.

Petir dan kilat akan terasa bergemuruh ketika awan hitam mulai menunjukan dirinya, dan berusaha untuk tidak takut karena akan membuatmu tidak dapat berpikir dengan jernih dan logis, jadikan hal itu untuk tanda antisipasi dari dirimu agar segera bersiap dari turunnya hujan yang bisa saja terjadi tidak lama dari suara petir itu terdengar olehmu.

Mengetahui tanda-tanda sebelum turunnya hujan dapat membantu kita mempersiapkan diri dan lingkungan sekitar. Selalu pastikan untuk mengamankan barang-barang yang mudah terkena dampak hujan dan mengambil tindakan pencegahan untuk mencegah bencana alam.

Claudia