blank
Ilustrasi hujan. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Musim hujan merupakan musim yang terjadi karena peningkatan curah hujan yang terjadi di suatu wilayah. Musim merujuk pada selang waktu dengan cuaca yang paling sering terjadi atau mencolok. Iklim adalah kondisi rerata atmosfer (cuaca) dalam waktu yang relatif lama atau panjang pada wilayah yang luas. Iklim mengandung pengertian kebiasaan cuaca atau ciri kecuacaan yang terjadi di suatu tempat atau suatu daerah.

Musim hujan memang tidak bisa kita hindari. Hal ini membuat kita harus mempersiapkan diri untuk menghadapinya. Karena, saat musim hujan mungkin kita akan menghadapi berbagai tantangan yang tidak muncul saat musim kemarau. Misalnya ketika hujan datang tiba-tiba.

Apalagi jika aktivitas kita banyak di liar ruangan. Misalnya pekerjaan kita banyak di lapangan atau harus bepergian setiap hari. Hujan dapat menghambat kegiatan-kegiatan kita. Namun, hal ini bisa kita antisipasi dengan beberapa cara. Diantaranya adalah mempersiapkan berbagai peralatan yang dibutuhkan ketika hujan datang.

Baca Juga: Saat Musim Hujan Perlukah Mengaplikan Sunscreen? Yuk Simak…

Berikut ini adalah 5 barang yang harus kita siapkan ketika memasuki musim hujan.

1. Payung atau Jas Hujan

Ada pepatah mengatakan sedia payung sebelum hujan. Meskipun memiliki makna kiasan yang luas, namun ungkapan ini bisa kita artikan secara harfiah. Yaitu ketika akan memasuki musim hujan, maka hendaknya kita selalu menyediakan payung atau jas hujan.

Hal ini karena kita tidak tahu kapan hujan akan turun. Bisa saja ketika pagi hari hendak berangkat kerja cuaca sedang cerah, namun ketika hendak pulang kerja turun hujan lebat. Oleh sebab itu lebih baik menyediakan payung atau jas hujan agar mobilitas kita tidak terhambat.

2. Pelindung Tas

Selain payung atau jas hujan, kita perlu juga menyediakan pelindung tas atau bag cover yang anti air. Hal ini agar barang-barang penting yang ada di dalam tas tidak pasah ketika kita bawa hujan-hujanan. Kita tentu tidak ingin ponsel atau barang elektronik di yang kita bawa di dalam tas jadi rusak, atau dokumen penting menjadi rusak karena basah.

Baca Juga: Musim Hujan Datang! Ini Tips Menghilangkan Bau Apek yang Menempel Pada Baju

3. Sandal Jepit

Sandal jepit juga kita perlukan ketika musim hujan. Karena sayang jika sepatu kita basah karena kehujanan. Kalau nyeker juga kurang nyaman bahkan bisa berbahaya. Maka menyediakan sendal jepit untuk menggantikan sepatu saat hujan bisa menjadi opsi yang baik.

4. Vitamin

Saat musim hujan cuaca tidak menentu, udara juga sering dingin, maka fisik menjadi rawan sakit. Terlebih jika kita sering hujan-hujanan. Oleh sebab itu, kita perlu menjaga kesehatan kita lebih baik lagi. Salah satunya adalah dengan rutin mengonsumsi vitamin. Hal ini agar daya tahan tubuh kita tetap terjaga dan terhindar dari sakit.

5. Peralatan Perbaikan Kendaraan

Jika kita membawa kendaraan pribadi, maka kehujanan juga bisa membuat kendaraan kita mogok. Oleh sebab itu kita perlu peralatan perbaikan, setidaknya yang sederhana saja seperti obeng dan kunci busi. Kasus yang sering terjadi adalah busi mati karena basah.

Demikian 5 barang yang harus kita siapkan ketika memasuki musim penghujan. Sudah siap?

Claudia