blank
Ilustrasi cara menyimpan makanan di kulkas agar tahan lama. Foto: Dok/Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Bagaimana cara menyimpan makanan di dalam kulkas agar bisa tahan lama? Cara menyimpan makanan di kulkas ternyata tidak boleh sembarangan lho..

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar kualitas makanan di dalam kulkas tetap terjaga. Karena cara penyimpanan yang salah justru dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan kesehatan, bila makanan tersebut dikonsumsi.

Pada umumnya, menyimpan makanan di kulkas mempunyai tujuan agar makanan bisa tahan lama. Namun, bila disimpan dengan cara yang tidak tepat, makanan rentan terkontaminasi kuman penyebab penyakit dan meningkatkan risiko terjadinya keracunan makanan bila dikonsumsi.

Penting untuk mengetahui cara menyimpan makanan di kulkas yang benar agar makanan terjaga kualitasnya dan terhindar dari kontaminasi bakteri.

Melansir dari Alodokter, ada 5 cara menyimpan makanan di kulkas agar tahan lama.

1. Simpan makanan dalam wadah tertutup
Menyimpan makanan di kulkas menggunakan wadah tertutup dapat menjaga kesegaran makanan dan mencegah kontaminasi kotoran maupun bakteri.

Pastikan wadah yang digunakan dalam kondisi tidak rusak dan bersih. Bila kamu hendak menggunakan wadah dari bahan plastik, disarankan memilih wadah yang bebas kandungan BPA.