blank
Ilustrasi cara menyimpan makanan di kulkas agar tahan lama. Foto: Dok/Pixabay

Bersihkan kulkas secara rutin setidaknya seminggu sekali untuk menghindari pertumbuhan kuman dalam kulkas yang dapat mencemari makanan.

5. Letakkan makanan sesuai dengan masa simpannya
Letakkan makanan yang sudah lama atau mendekati tanggal kedaluwarsa di bagian depan. Menyimpan makanan dengan cara ini bisa membantu kamu lebih mudah menjangkau makanan yang sudah lama agar dapat segera dikonsumsi dan tidak telanjur busuk.

Kamu juga dapat memberi label tanggal pada wadah makanan untuk membantu mengingat jangka waktu penyimpanannya. Makanan sisa biasanya bertahan selama 5 hari di kulkas dan bisa sampai 6 bulan di freezer.

Selain cara penyimpanannya, perhatikan juga kondisi makanan sebelum dikonsumsi atau disajikan ke keluarga. Makanan yang sudah tidak layak dikonsumsi biasanya menunjukkan perubahan tekstur dan adanya bercak berwarna putih, jingga, maupun hijau yang umumnya disebabkan oleh jamur.

Sementara itu, daging yang sudah tidak layak konsumsi biasanya membentuk lapisan lendir pada permukaannya. Perubahan warna makanan serta munculnya bau busuk juga menjadi tanda bahwa makanan sudah tidak layak dikonsumsi.

Itu tadi cara menyimpan makanan di kulkas yang perlu kamu ketahui. Bila kamu mengalami gejala gangguan pencernaan, seperti muntah atau diare berulang, terlebih setelah mengkonsumsi makanan yang telah lama disimpan dalam kulkas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Semoga bermanfaat!

Ning S