blank
Lestari Moerdijat. Foto: fn

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan, upaya mewujudkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan, dalam proses pengembangan wisata Nasional, harus diimbangi dengan konsistensi yang kuat.

”Tren kunjungan wisata pada tahun lalu yang membaik, harus dipertahankan dengan konsisten. Kita harus meningkatkan kualitas pariwisata yang ditawarkan,” kata Lestari, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (5/1/2024).

Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia, pada Januari-November 2023, ada sebanyak 10,41 juta orang. Jumlah itu meningkat 110,86 persen, jika dibandingkan pada periode yang sama di tahun 2022.

BACA JUGA: Pastikan Zero Knalpot Brong, Ini yang Dilakukan Kodim 0728 Wonogiri

Meski mengalami lonjakan signifikan dibandingkan 2022, namun total kunjungan wisman hingga November 2023 masih lebih rendah, jika dibandingkan periode yang sama pada 2019 (sebelum pandemi), yang mencapai 14,7 juta kunjungan.

Menurut Lestari, catatan pencapaian tahun lalu itu harus segera diikuti perencanaan pengembangan yang matang, dengan mempertimbangkan berbagai potensi dan tantangan yang ada.

Rerie, sapaan akrab Lestari berpendapat, mewujudkan pariwisata yang lebih berkualitas dan berkelanjutan, merupakan pilihan yang tepat dalam rangka pengembangan sektor wisata Nasional yang lebih baik.

BACA JUGA: Lapas Semarang Gelar Kegiatan Rutin Posyandu Lansia untuk Narapidana Lanjut Usia

Tentu saja, ujar Rerie, yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, pilihan mewujudkan pariwisata berkualitas itu menuntut kapasitas keterampilan Sumber Daya Manusia (SDM), yang lebih baik.

Karena itu, tegas anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu, konsistensi upaya meningkatkan kualitas SDM pariwisata, juga sangat diperlukan.

Dengan beragamnya potensi pariwisata di Indonesia dan SDM yang mumpuni, Rerie meyakini, upaya mewujudkan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan, adalah sebuah keniscayaan.

Riyan