blank
Narapidana Lansia Lapas Semarang tengah mengikuti pemeriksaan kesehatan dalam Posyandu Lansia. Foto: Ning S/SUARABARU.ID

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Narapidana lanjut usia (Lansia) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang mengikuti kegiatan Posyandu Lansia yang digelar Lapas Semarang bersama Puskesmas Ngaliyan.

Sebelum dilakukan pemeriksaan, sebanyak 34 Narapidana lansia mengikuti senam poco-poco yang dipandu tim Kesehatan Klinik Pratama Lapas Semarang. Kegiatan Posyandu Lansia ini dilaksanakan setiap hari Jumat pada awal bulan.

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas I Semarang, Usman Madjid menyampaikan, kegiatan Posyandu Lansia merupakan suatu wadah untuk memberikan pelayanan kesehatan dan pembinaan kepada warga binaan yang sebagian besar adalah kelompok usia lanjut.

“Dengan melibatkan peran Puskesmas Ngaliyan akan mempererat sinergi kami dalam tujuan kemanusiaan, yaitu mendorong dan memfasilitasi warga binaan lansia untuk tetap aktif, produktif, dan mandiri, serta meningkatkan komunikasi diantara warga binaan lanjut usia,” jelas Usman.

Kegiatan Posyandu Lansia sendiri mencakup pemeriksaan berat badan, suhu tubuh, tekanan darah, dan pemeriksaan gula darah sewaktu.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyuluhan tentang kebutuhan gizi bagi kesehatan tubuh WBP lansia oleh tim Puskesmas Ngaliyan.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat khususnya Lapas, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia,” kata Usman.

Kegiatan yang berlangsung di aula kunjungan Lapas Kelas I Semarang ini, para Narapidana Lansia juga diberi makanan tambahan.

Ning S