blank
Untuk mewujudkan zero knalpot brong, jajaran Kodim 0728 Wonogiri melakukan pemeriksaan mendadak pada semua kendaraan yang dipakai para prajurit. Baik kendaraan pribadi maupun dinas.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Untuk mematikan zero knalpot brong, ratusan kendaraan bermotor yang dipakai para prajurit TNI AD di jajaran Kodim 0728/Wonogiri, diperiksa petugas. Pemeriksaan mendadak ini, dilakukan pada kendaraan pribadi maupun kendaraan inventaris dinas.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, Jumat (5/1), mengabarkan, pemeriksaan kendaraan bermotor terkait dengan razia knalpot brong ini, dilakukan dengan cara diapelkan di halaman Makodim. Kemudian satu-persatu dihidupkan mesinnya, untuk dicek langsung suara kebisingan dari knalpotnya.

Pemeriksaan knalpot kendaraan bermotor ini, dilakukan oleh Tim yang dipimpin oleh Pasi Intel Kapten (Inf) Mulyono dan Pasi Ops Kapten (Inf) Suraji. Yang teknis pemeriksaannya melibatkan personel Provost, untuk mengecek satu persatu kendaraan yang diapelkan.

Kapten (Inf) Mulyono, menyatakan, pengecekan dan pemeriksaan kendaraan bermotor ini, guna mendukung ketertiban berlalu lintas dari para prajurit. Pemeriksaan meliputi kondisi pisik kendaraan khususnya pemakaian knalpot standar, serta kelengkapan surat kendaraan.

Sementara itu, Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf Edi Ristriyono, menyampaikan, kegiatan yang dilakukan secara mendadak tersebut, bertujuan untuk mengetahui secara langsung kondisi pisik kendaraan bermotor yang dipakai anggota. Juga untuk mengecek kelengkapan dokumen surat kendaraan.

Ditandaskan, aparat pemerintah harus bisa menjadi contoh yang baik kepada warga masyarakat. Termasuk sikap disiplin dalam mentaati tertib berlalu lintas, dan tidak menggunakan knalpot brong yang dapat mengganggu dan meresahkan pengguna jalan.
Bambang Pur