blank
ilustrasi nasi padang. Foto: istock

SEMARANAG (SUARABARU.ID)- Nasi Padang merupakan makanan yang berasal dari kawasan Minangkabau, Sumatera Barat. Ciri khas menu nasi padang adalah gulai yang berisi kol, nangka muda, dan kacang panjang. Setelah itu, nasi padang dapat ditambahkan sejumlah lauk yang diolah dengan masakan khas padang. Gulai berwarna kuning yang diolah dengan cita rasa sedikit asam.

Kini, rumah makan masakan Minang atau rumah makan Padang sudah menjadi pilihan favorit masyarakat Indonesia untuk membeli makanan. Di rumah makan Padang tersedia berbagai macam menu masakan Padang yang dapat dipilih untuk memuaskan lidah dan perut.

Di antara semua jenis menu, tidak dapat disangkal lagi bahwa rendang menjadi lauk (samba dalam Bahasa Minang) teman makan nasi pilihan utama banyak orang ketika makan di rumah makan Padang.

Baca Juga: Jaga Sistem Imun Saat Musim Hujan, Ini Enam Rekomendasi Buah yang Dapat Dikonsumsi

Rendang yang pernah dinobatkan sebagai salah satu makanan terenak di dunia banyak dipilih karena memiliki rasa yang akrab di lidah masyarakat Indonesia. Selain itu, rendang juga sudah menjadi ciri khas utama dari sebuah rumah makan Padang. Bahkan dedak rendang sendiri sudah menjadi bahan wajib yang harus ada di piring ketika makan di rumah makan Padang.

Namun, tahukah anda bahwa di rumah makan Padang, juga ada beberapa menu lain yang rasanya tidak kalah enak dari rendang? Bagi anda yang sudah bosan memesan rendang di rumah makan Padang, mungkin beberapa menu ini dapat menjadi referensi untuk memilih teman makan nasi ketika berkunjung ke rumah makan Padang. Dilansir dari Suara.com, lengkapnya berikut adalah 4 menu rumah makan Padang selain rendang yang bisa anda coba.

1. Dendeng

Dendeng merupakan daging sapi yang dipotong atau diiris sampai tipis. Selain berbahan dasar daging sapi, ada juga dendeng yang terbuat dari paru-paru sapi. Dalam masakan Padang, dendeng yang berbentuk pipih dimasak dengan berbagai cara dan bumbu hingga tercipta tekstur yang beragam. Mulai dari empuk hingga garing, dendeng dapat diolah menjadi beragam macam menu.

Baca Juga:Tiga Tips Menjaga Pola Makan untuk Bantu Atasi Diare

Di rumah makan Padang sendiri, terdapat beberapa menu berbahan dendeng yang dapat kita jumpai. Beberapa diantaranya adalah dendeng batokok, dendeng lambok, hingga dendeng goreng atau kering yang disajikan dengan lado (cabai) hijau atau merah.

2. Ayam Pop

Memiliki tekstur yang sedikit renyah dengan rasa yang khas, ayam pop menjadi salah satu primadona para pencinta masakan ayam. Disajikan dengan samba lado yang khas, membuat ayam pop semakin nikmat dan menggugah selera.

Berbeda dengan masakan ayam lainnya, ayam pop dimasak dengan cara direbus terlebih dahulu dengan berbagai bumbu sebelum nantinya digoreng hingga matang. Selain itu, meski sudah digoreng, ayam pop memiliki tekstur yang pucat seperti ayam rebus. Sangat berbeda dengan ayam goreng lainnya yang memiliki warna coklat keemasan.

Baca Juga: Ini 3 Tips Mengolah Jamur Enoki dengan Aman dan Lezat

3. Telur Dadar Padang

Berbeda dengan telur dadar pada umumnya, telur dadar di rumah makan Padang memiliki tekstur yang agak padat dengan ukuran yang besar. Saking besarnya, telur dadar Padang biasa dipotong-potong terlebih dahulu sebelum disajikan.

Dalam pembuatannya sendiri, telur dadar Padang dibuat dengan campuran telur bebek dan atau telur ayam, tepung, berbagai bumbu, serta daun-daun seperti daun bawang dan seledri. Dengan bumbu khas Padang yang dijamin nikmat, telur dadar Padang cocok untuk anda para pencinta masakan telur.

4. Samba Kampuang

Samba Kampuang atau disebut juga samba buruak merupakan menu masakan yang terbuat dari samba atau cabai goreng yang dicampur dengan goreng ikan atau ikan asin. Selain ikan, samba kampuang juga biasa dicampur dengan kacang panjang, terong, dan kerupuk ubi.

Agar lebih menggugah selera, beberapa Rumah Makan Padang juga mencampurkan petai kedalam samba kampuang. Dengan campuran yang beragam, membuat siapapun yang mencicipi samba kampuang menjadi ketagihan.

Itulah beberapa menu rumah makan Padang selain rendang yang bisa anda coba.

Claudia