blank
Ilustrasi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Diare merupakan penyakit yang membuat penderitanya sering buang air besar dengan kondisi tinja encer atau cair. Pada umumnya diare terjadi akibat mengkonsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi virus, bakteri, atau parasit, mengonsumsi makanan tertentu atau bahkan bisa pula pengaruh cuaca dan iklim. Diare umumnya berlangsung kurang dari 14 hari (diare akut).

Dari kelompok bakteri, ada empat jenis bakteri yang kerap ditemukan menjadi penyebab utama terjadinya kasus-kasus diare di berbagai belahan dunia, Keempat bakteri tersebut yaitu Campylobacter, Salmonella, Shigella, dan E. Coli. Jika mengontaminasi tubuh, empat jenis bakteri ini dapat membawa efek berbahaya.

Pengertian diare. Diare adalah gangguan pencernaan yang ditandai dengan buang air besar encer tiga kali atau lebih dalam sehari. Ada banyak kondisi yang dapat menyebabkan kondisi ini, mulai dari infeksi bakteri, efek obat-obatan, hingga penyakit pada saluran pencernaan.

Baca Juga: Ini 3 Tips Mengolah Jamur Enoki dengan Aman dan Lezat

Umumnya orang-orang akan meminum obat-obatan menghilang diare untuk mengatasi penyakit ini dengan cepat. Namun, tentunya obat-obatan tersebut juga memiliki risiko efek samping apabila salah dalam penggunaan dan pemilihannya. Kali ini ada cara mengatasi diare secara alami dengan menerapkan pola makan tertentu. Berikut 3 pola makan untuk mengatasi diare dikutip dari laman halodoc.com.

1. Mengonsumsi Makanan Berkuah dan Perbanyak Asupan Air

Seseorang yang terkena diare umumnya akan merasa lebih cepat haus atau dehidrasi. Hal ini dikarenakan air yang seharusnya bisa diserap oleh tubuh justru akan turut terbuang dengan feses saat buang air besar. Melansir dari artikel berjudul “What to Eat When You Have Diarrhea”, usahakan dirimu mengonsumsi makanan berkuah yang dapat mengganti cairan dalam diri yang hilang akibat diare.

Beberapa makanan berkuah tersebut bisa seperti sup, soto ataupun makanan berkuah lainnya. Kamu juga perlu menjaga asupan air harianmu saat mengalami diare. Misalkan kamu meminum 8 gelas sehari, maka kamu perlu menambah air minum harianmu hingga 10-12 gelas sehari untuk meminimalisir dehidrasi.

Baca Juga: Anak Sekolah Wajib Tahu! Ini Tiga Tips Kaki Tak Bau Saat Menggunakan Sepatu

2. Kurangi Makanan Mengandung Penyedap Rasa

Cara kedua yakni dengan membatasi mengonsumsi makanan yang mengandung penyedap rasa berlebih. Namun, cara ini idealnya dilakukan dalam kurun waktu 24 jam sejak terkena diare. Hal ini dikarenakan agar tubuh mampu mendetoksifikasi racun dalam tubuh. Kamu bisa pula mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik guna menunjang proses detoksifikasi tersebut.

3. Menerapkan pola makan BRAT

Salah satu cara yang cukup ampuh untuk mengobati diare secara alami adalah dengan menerapkan pola makan yang dikenal dengan nama BRAT. Melansir dari artikel berjudul “BRAT Diet: What Is It and Does Is It Work?”, istilah ini merupakan singkatan dari banana (pisang), rice (nasi), apple sauce (saus apel), dan toast (roti panggang).

Makanan tersebut disarankan dikonsumsi oleh orang-orang yang terkena diare karena memiliki kandungan serat, protein dan rendah lemak sehingga baik untuk memperlancarkan proses pencernaan. Namun, cara BRAT tersebut tidak disarankan dilakukan kepada bayi atau anak-anak karena rentan akan kekurangan gizi pada masa pertumbuhan.

Nah, itulah beberapa pola makan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi diare. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia