blank
ilustrasi. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Jamur enoki merupakan salah satu jamur edible (dapat dikonsumsi) yang bernama latin Flammulina velutipes. Jamur enokitake menjadi salah satu jenis jamur budidaya yang berasal dari negeri sakura Jepang. Jamur enokitake (Jamur enoki) adalah jamur pangan dengan tubuh buah hasil budidaya berbentuk panjang dan berwarna putih seperti tauge.

Mengonsumsi jamur enoki diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol darah, sehingga memengaruhi kesehatan jantung. Selain itu, kandungan antioksidan dalam jamur enoki juga dapat memperlambat perkembangan aterosklerosis, yaitu penumpukan plak lemak di pembuluh darah arteri yang menjadi penyebab umum penyakit jantung.

Secara nutrisi, menu sehat ini sangat rendah kalori dan lemak, sehingga cocok untuk mereka yang menjalani diet rendah kalori atau ingin menjaga berat badan. Enoki juga kaya akan serat, vitamin B, vitamin C, dan mineral seperti kalium, zat besi, dan selenium.

Baca Juga: Mengandung Banyak Kolagen, Tiga Manfaat Mengonsumsi Ceker Ayam bagi Kesehatan

Terdapat penelitian yang menunjukan bahwa jamur enoki impor tersebut telah terkontaminasi oleh bakteri Listeria monocytogenes yang dapat menyebabkan penyakit listeriosis. Meski demikian, kasus listeriosis belum dinyatakan sebagai wabah di Indonesia.

Untuk itu, konsumsi jamur enoki yang terpapar bakteri akan menularkan infeksi dengan beberapa tanda. Gejala umum infeksi ini termasuk demam, nyeri otot, dan kelelahan. Sejumlah gejala lain, seperti sakit kepala, leher kaku, kebingungan, serta kehilangan keseimbangan atau kejang.

Namun, sejatinya dalam mengolah jamur Enoki terdapat beberapa tips guna membuat jamur ini aman dikonsumsi. Berikut 3 tips mengolah jamur enoki denga aman seperti yang dikutip dari laman halodoc.com.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Ikan Lele untuk Bumil, Diantaranya Rendah Merkuri

1. Pastikan Jamur Dalam Kondisi Segar

Cara pertama saat mengolah jamur enoki agar aman dikonsumsi adalah memastikan jamur tersebut dalam kondisi segar. Jamur enoki yang segar akan terlihat memiliki warna putih cerah dan sedikit kering namun kokoh.

Apabila kamu menemui jamur dengan kondisi basah disertai batang yang lunak, hindari untuk membeli jamur tersebut karena rawan terjadinya pembusukan.

Selain itu, warna jamur yang kecoklatan juga menandakan jamur tersebut sudah berusia cukup lama di tempat penyimpanan atau di dalam kemasan.

Baca Juga: Penderita Anemia Wajib Tahu! Ini Tiga Manfaat Mengonsumsi Buah Duku bagi Kesehatan

Umumnya jamur yang berusia cukup lama dipenyimpanan akan mengeluarkan sedikit lendir dan memiliki bau yang kurang begitu sedap.

Setelah memastikan jamur tersebut segar, usahakan kamu menyimpan jamur tersebut di tempat yang bersih dan terjaga atau disarankan pula langsung mengolahnya.

2. Pastikan Memasak Jamur Enoki Hingga Matang

Melansir dari artikel berjudul “Health Benefits of Enoki Mushrooms”, jamur enoki sejatinya merupakan makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi.

Baca Juga: Penderita Anemia Wajib Tahu! Ini Tiga Manfaat Mengonsumsi Buah Duku bagi Kesehatan

Jamur ini kaya akan serat, protein nabati, vitamin B dan vitamin C dan beberapa mineral seperti kalium, zat besi dan selenium. Kandungan tersebut cukup berperan penting bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas.

Namun, dalam memakan jamur enoki pastikan kamu mengolahnya dengan baik dan benar-benar matang. Mengonsumsi jamur ini dalam keadaan mentah atau kurang matang sangat berisiko menyebabkan infeksi bakteri.

Dalam memasak jamur ini ada beberapa cara, mulai dari menumis dengan sedikit minyak atau merebusnya ke dalam air panas atau dikukus.

Baca Juga:Tak Banyak Orang Tahu, Ini Manfaat Buah Kesemek yang Ampuh Untuk Asam Lambung

Tanda kematangan dari jenis jamur ini adalah batang yang tadinya kokoh akan sedikit melunak namun tetap renyah.

3. Perhatikan Kebersihan Alat Masak

Sebelum memasak jamur enoki, pastikan kamu membersihkan dahulu alat masak yang akan digunakan dengan menggunakan air mengalir.

Hal ini guna meminimalisir kontaminasi bakteri kepada jamur yang bersumber dari alat masak yang kurang bersih.

Selain itu, kamu juga harus memastikan jamur enoki yang akan kamu masak sudah dicuci terlebih dahulu dengan air mengalir hingga bersih.

Nah, itulah beberapa tips mengolah jamur enoki agar aman dikonsumsi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia