blank
Ilustrasi manfaat ikan lele untuk Bumil. Foto: Dok/Youtube

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kamu salah satu penikmat ikan lele? Ikan lele merupakan salah satu makanan yang terjangkau dan kaya akan nutrisi. Ikan lele juga sangat baik untuk dikonsumsi saat hamil.

Ikan lele adalah salah satu makanan yang terbilang mudah untuk ditemukan. Selain itu, harganya juga murah di kantong dan bisa didapatkan oleh hampir semua kalangan ekonomi.

Ikan lele ternyata bermanfaat dikonsumsi oleh ibu hamil (Bumil). Ada banyak sekali nutrisi yang terkandung pada ikan lele, dan sangat baik untuk menunjang kesehatan kehamilan dan juga janin.

Melansir dari Halodoc, ada berbagai manfaat ikan lele untuk ibu hamil, antara lain,

1. Sumber Vitamin

Ikan lele mengandung banyak vitamin, termasuk vitamin B kompleks yang sangat penting untuk ibu hamil. Bukan hanya vitamin B, asam folat dan vitamin B9 juga terkandung pada ikan ini, ternyata kunci perkembangan janin yang optimal. Kandungan ini berkaitan dengan pertumbuhan otak dan sistem saraf selama kehamilan untuk pertumbuhan bayi yang optimal.

Asam folat juga sangat baik bagi perkembangan bayi yang berperan besar pada pembentukan tabung saraf. Nutrisi ini juga dapat mencegah tulang belakang bayi dan cacat otak. Pada 3 bulan pertama kehamilan, wanita hamil perlu mengkonsumsi sekitar 4.000 mcg asam folat.

2. Sumber Lemak Sehat

Ikan air tawar ini kaya akan kandungan lemak yang sehat, seperti asam lemak omega-6 dan omega-3. Kandungan ini selama kehamilan dapat membantu dalam mengoptimalkan perkembangan anak. Omega-3 juga sangat baik dalam membantu meningkatkan jantung, mata, dan sistem kekebalan bayi.

Lalu, kandungan omega-6 pada ikan lele dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menjaga kadar kolesterol darah pada bayi. Dengan begitu, bayi di dalam kandungan ini memiliki kemampuan hidup yang tinggi setelah dilahirkan.

3. Sumber Protein untuk Ibu Hamil

Ikan ini juga mengandung nilai protein yang tinggi untuk kehamilan. Ibu hamil membutuhkan protein tinggi untuk menjaga stamina dan kesehatan selama masa prenatal. Memang, asupan protein harus dicukupi agar pertumbuhan janin tetap sehat. Di samping itu, ikan ini juga rendah kalori dan kolesterol yang aman dikonsumsi dalam jumlah banyak.

4. Menjaga Pasokan Kalsium Selama Kehamilan

Selama kehamilan, manfaat ikan lele lainnya adalah membantu dalam meningkatkan asupan kalsium, baik untuk ibu dan bayinya. Kecukupan kalsium sangat diperlukan dalam membantu dalam mengembangkan berbagai bagian tubuh yang kuat, seperti gigi, tulang, saraf otot, dan sirkulasi darah.

5. Rendah Merkuri

Ada banyak jenis ikan yang dijual mengandung merkuri, yaitu racun yang membahayakan tubuh. Zat logam ini dapat membahayakan kelahiran, pendengaran, penglihatan, hingga kerusakan otak. Ternyata ikan lele rendah merkuri. Keamanannya sama dengan mengkonsumsi salmon, udang, hingga tuna kalengan.

Itulah beberapa manfaat ikan lele untuk ibu hamil yang perlu diketahui. Jangan ragu untuk mengkonsumsi ikan ini secara rutin selama kehamilan. Meski ikan ini masih dipandang sebelah mata, manfaatnya tidak bisa dianggap enteng.

Ning S