blank
ilustrasi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Ceker atau kaki ayam merupakan limbah sampingan dari rumah potong ayam yang pemanfaatannya terbatas karena kandungan tulang dan kulit yang tinggi, tetapi kandungan dagingnya sedikit.

Kaki ayam atau ceker ayam merupakan salah satu bagian dari ayam yang lazim untuk dikonsumsi. Bagian ceker ayam tersebut umumnya dapat diolah menjadi sup, tumis atau dengan berbagai cara pengolahan lainnya. Sebagian orang ada yang cukup menyukai hidangan satu ini. Akan tetapi, bagi sebagian orang lainnya kuliner satu ini dianggap cukup menjijikan dan kurang menggugah selera, seperti dilansir dari Suara.com.

Kandungan nutrisi seperti kolagen, gelatin, vitamin C dan mineral layaknya seng, tembaga, magnesium, kalsium, dan fosfor pada ceker ayam bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi semakin kuat, sehingga membuat Anda tidak akan mudah sakit.

Baca Juga: Penderita Anemia Wajib Tahu! Ini Tiga Manfaat Mengonsumsi Buah Duku bagi Kesehatan

Namun, di balik citarasa ceker ayam yang mungkin bagi sebagian orang tidak terlalu disukai, ternyata memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh apabila dikonsumsi. Berikut 3 manfaat kesehatan dari mengonsumsi ceker ayam dikutip dari laman halodoc.com.

1. Memperbaiki Sistem Kekebalan Tubuh

Bagian kaki atau ceker ayam diketahui memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi. Melansir dari laman USDA Food Data Central, pada setiap 100 gram ceker ayam mengandung kalsium sekitar 90 mg, zat besi sekitar 1 mg, kalium, magnesium dan fosfor yang baik untuk meningkatkan sistem imunitas.

Mineral-mineral tersebut cukup baik untuk menjaga kesehatan aliran darah dari dan menuju jantung. Selain itu, beberapa mineral seperti kalium dan magnesium dapat berperan menjaga kesehatan tulang dan menjaga kesehatan saraf serta pencernaan. Oleh karena itu, ceker ayam disebut sebagai sumber mineral hewani yang cukup mudah diperoleh dengan harga terjangkau.

Baca Juga:Tak Banyak Orang Tahu, Ini Manfaat Buah Kesemek yang Ampuh Untuk Asam Lambung

2. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Ceker ayam juga dikenal memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Melansir dari situs alodokter.com, dalam setiap 100 gram ceker ayam terdapat sekitar 90 mg kalsium. Jumlah ini tentunya cukup besar dalam sebuah makanan. Hal inilah yang membuat ceker ayam cukup direkomendasikan sebagai sumber pangan dengan tinggi kalsium yang dapat menjaga kesehatan tulang serta gigi.

Bagi para anak-anak serta lansia, mengonsumsi ceker ayam cukup dianjurkan guna memenuhi asupan kalsium bagi tubuh. Selain itu, ceker ayam juga kaya akan kandungan kolagen, asam amino, serta beberapa zat gelatin yang mampu menyehatka gusi pada mulut.

3. Membantu Penyembuhan Luka

Bagi para orang-orang yang mengalami luka ataupun patah tulang. Mengonsumsi ceker ayam tentunya cukup dianjurkan. Melansir dari artikel “Chicken Feet: Nutrition, Benefits, and Downsides”, ceker ayam mengandung protein sekitar 19 mg, lemak sekitar 14 mg dan beberapa kandungan kolagen. Kandungan ini cukup berperan penting untuk meregenerasi sel-sel yang rusak dan membantu mempercepat proses penyembuhan pada patah tulang atau luka terbuka.

Nah, itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi kaki atau ceker ayam bagi kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia