blank
ilustrasi. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Teh hijau merupakan salah satu jenis tumbuhan Camellia sinensis. Tumbuhan ini banyak digunakan untuk pengobatan di Jepang dan Cina sejak berabad-abad lalu. Dibandingkan dengan jenis teh lainnya, proses pengolahan teh hijau lebih singkat sehingga kandungan antioksidan dan nutrisi di dalamnya tetap terjaga.

Manfaat teh yaitu, sebagai antioksidan, memperbaiki sel-sel yang rusak, menghaluskan kulit, melangsingkan tubuh, mencegah kanker, mencegah penyakit jantung, mengurangi kolesterol dalam darah, melancarkan sirkulasi darah. Maka, tidak heran bila minuman ini disebut-sebut sebagai minuman kaya manfaat.

Cara menurunkan asam urat dalam darah bisa dilakukan dengan menjaga pola makan yang sehat. Dilansir dari Suara.com pasalnya, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dipercaya bisa menurunkan asam urat karena aman dikonsumsi serta bisa meredakan gejala nyeri yang ditimbulkan.

Baca Juga: Selain Digunakan untuk Pengharum Teh, Empat Manfaat Bunga Melati bagi Kesehatan

Kita memang harus menerapkan pola makan yang sehat supaya bisa terhindar dari penyakit asam urat dan masalah kesehatan lainnya. Seperti melansir dari siloamhospitals.com, berikut ini beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa menurunkan asam urat.

1. Pisang

Buah pisang bisa menurunkan asam urat karena di dalamnya mengandung kalium tinggi yang mana zat ini dapat mencegah pembentukan kristal asam urat di dalam tubuh.

Jika kristal sudah terbentuk sekalipun, kalium pada buah ini bisa mencegah pengerasan agar lebih mudah dikeluarkan oleh ginjal.

Baca Juga: Bahaya Bagi Kesehatan! Ini 4 Alasan Mengapa Kebiasaan Minum Teh Setelah Makan Tidak Dianjurkan

Kemudian, pisang juga rendah purin, kaya akan serat dan vitamin C yang bisa membantu ekskresi purin dan asam urat. Maka dari itu, coba untuk mengonsumsi 1 atau 2 buah pisang dalam sehari.

2. Buah Ceri

Buah ceri bisa menjadi salah satu buah dalam menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh, hal ini lantaran ceri mengandung zat antosianin atau pigmen berwarna merah-ungu yang mana terkandung senyawa antioksidan dan antiradang. Adanya kandungan ini disebut bisa menurunkan kadar asam urat dan nyeri sendi.

3. Susu Rendah Lemak

Olahan susu segar seperti yoghurt dan keju rendah lemak ini mempunyai manfaat yang baik bagi penderita asam urat.

Kandungan protein dalam susu rendah lemak ini mempunyai manfaat dalam membuang asam urat melalui urine dan membantu kadar asam urat menurun dalam darah serta risiko kambuh.

Baca Juga:Menyegarkan Dahaga di Siang Hari, Tapi Taukah Kamu Fakta Teh Manis Bagi Kesehatan? Yuk Simak

4. Teh Hijau

Teh hijau adalah salah satu minuman yang bisa menurunkan asam urat sebab dalam sebuah penelitian, dalam teh ini kaya akan antioksidan bernama katekin. Kemudian, teh hijau pun mampu mencegah pembentukan kristal asam urat dan batu ginjal yang ukuran besar.

5. Ikan Salmon

Jenis ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3 dan bisa menurunkan asam urat. Kandungan ini disebut bisa mengurangi pembengkakan dan peradangan akibat asam urat.

Kemudian, ikan salmon di dalamnya terkandung purin dan asam lemak jenuh rendah sehingga mampu menjaga kadar kolesterol dan asam urat dalam tubuh.

Itulah tadi beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa menurunkan asam urat. Semoga bermanfaat.

Claudia