blank
Lestari Moerdijat. Foto: fn

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan, kepahlawanan Ratu Kalinyamat harus dimaknai sebagai bagian dari dorongan pada rangkaian perjuangan kaum perempuan untuk bangkit, menjawab berbagai tantangan yang dihadapi saat ini.

”Masih banyak permasalahan dihadapi perempuan, yang membutuhkan keberanian dari kaum perempuan itu sendiri, untuk mengatasinya,” kata Lestari, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/11/2023), terkait penganugerahan gelar Pahlawan Nasional kepada Ratu Kalinyamat dari Jepara.

Kegigihan Ratu Kalinyamat memimpin perlawanan terhadap penjajah, dengan armada maritim yang kuat, menggalang pakta perdagangan dan pertahanan dengan kerajaan-kerajaan di Nusantara, serta membangun poros maritim, menurut Lestari, menggambarkan bahwa perempuan di Nusantara pada masa itu adalah manusia-manusia merdeka.

BACA JUGA: Tim Voli Berlian Bank Jateng Siap Berlaga di Livoli Divisi Utama 2023

Setidaknya di Jepara saja, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, hingga saat ini memiliki tiga perempuan hebat yang berani, yaitu Ratu Shima, RA Kartini dan Ratu Kalinyamat.

Belum lagi di Aceh, tambah Rerie, yang di masa lalu memiliki puluhan sultana yang memimpin perlawanan terhadap penjajah, dan memakmurkan Tanah Rencong itu.

Jadi, tegas Rerie yang juga legislator dari Dapil II Jawa Tengah, yang meliputi Demak, Kudus dan Jepara itu, masyarakat luas harus menyadari, perempuan di Nusantara sejak masa lalu, mampu berperan dalam menentukan arah kebijakan wilayah yang dipimpinnya.

BACA JUGA: Lima Fakta Tentang Ratu Kalinyamat yang Perlu Kamu Ketahui

Nilai-nilai kepahlawanan yang ditunjukkan Ratu Kalinyamat, menurut anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu, harus mampu menyadarkan kaum perempuan, bahwa mereka mampu mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi, sama seperti halnya kaum laki-laki.

Menurut Rerie, setelah Ratu Kalinyamat dianugerahi gelar Pahlawan Nasional, kini tugas bersama untuk memasyarakatkan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sepak terjang Ratu dari Jepara itu.

Negeri ini, tegas Rerie, sangat membutuhkan teladan yang mampu menumbuhkan semangat untuk mengisi kemerdekaan, agar setiap anak bangsa diberi kesempatan, mau dan mampu berpartisipasi aktif dalam setiap proses pembangunan.

Rerie juga mengapresiasi kegigihan masyarakat Jepara, para akademisi, dan sejumlah lembaga swadaya masyarakat, yang sejak 1995, terus berupaya mengajukan Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional, dan akhirnya berhasil ditetapkan pemerintah pada tahun ini.

Riyan