Pembicara dan peserta General Lecture “Logo dan Layout” yang digelar Prodi Desain Komunikasi Visual FSRD Universitas Sebelas Maret Surakarta tengah berfoto bersama dalam kegiatan yang berlangsung , Senin (23/10). Foto: dok/HumasUNS

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar General Lecture “Logo dan Layout”.

Kegiatan yang dibuka Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Kemahasiswaan FSRD UNS, Dr. Deny Tri Ardianto , S.Sn, Dipl. Art menghadirkan Surianto Rustan, S.Ds., M.Ds. Founder of SuriantoRustan. com, DsgnCooking Seminar & Workshop, and DISEN Learning Community, sebagai pembicara  pada acara yang berlangsung, Senin (23/10).

Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Kemahasiswaan FSRD UNS, Dr. Deny Tri Ardianto, S.Sn., Dipl. Art. dalam sambutannya berpesan kepada mahasiswa yang hadir agar memanfaatkan waktu dengan sebaiknya untuk sharing dengan Surianto Rustan, S.Ds., M.Ds selaku narasumber.

“Alhamdulillah kita bisa sharing langsung dengan beliau hari ini. Manfaatkan kesempatan ini untuk mengobrol banyak dengan beliau karena ilmunya banyak sekali,” pesannya.

Sementara itu Surianto Rustan, S.Ds., M.Ds dalam paparannya menjelaskan mengeni aneka ragam bentuk logo dan layout. Dikemukakan, dalam desain logo perlu adanya eksplorasi. Kriteria utama logo adalah unik, berbeda dengan yang lain. Kemudian logo bukan untuk komunikasi tetapi untuk identifikasi. “Dalam membuat sebuah logo perlu adanya eksplorasi. Eksplorasi yang dimaksudkan untuk mencari solusi yang paling terbaik dari berbagai alternatif. Logo itu kebanyakan gabungan dari simbol dan picture. Misalnya logo Apple dan logo shopee,” jelasnya.

Bagus Adji