Suasana kejuaraan Semar Livoma yang berlangsung  di GOR perguruan tinggi setempat, Senin (23/10) malam. (Dok/Humas UNS)

SURAKARTA (SUARABARU.ID)- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Sebelas Maret (Semar) Liga Voli Mahasiswa (Livoma).

Kegiatan yang diikuti 40 tim voli mahasiswa  dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dibuka Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho SH,M. Hum di GOR perguruan tinggi setempat, Senin (23/10) malam.

Rektor Prof Dr Jamal Wiwoho SH,M Hum dalam sambutannya mengatakan, Semar Livoma adalah kejuaraan bolavoli antar mahasiswa perguruan tinggi se Indonesia dan ditahun 2023  diikuti 24 tim putra dan 12 tim putri.

Sebelas Maret Liga Voli Mahasiswa merupakan event tahunan  yang digelar UNS sejak tahun 2023. Kejuaraan ini diharapkan menjadi kompetisi mahasiswa yang sportif.

Selain itu juga mampu memberikan tontonan yang dapat dinikmati seluruh masyarakat bukan hanya pecinta bola voli saja di kalangan mahasiswa,

Universitas Sebelas Maret berkomitmen tinggi memberikan ruang bagi mahasiswa untuk berekspresi, salah satunya dalam bidang olahraga.

Hal ini tentunya sebagai upaya UNS dalam mendukung transformasi perguruan tinggi melalui Indikator Kinerja Utama (IKU). IKU ke-2 merupakan mandat bagi perguruan tinggi untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus.

Kesempatan itu salah satunya dapat diraih dengan mendapat prestasi dari kompetisi tingkat nasional, kata Rektor UNS .

Pada kesempatan sebelumnya Pembina UKM Bola Voli UNS Dr. Deddy Whinata Kardiyanto menjelaskan ,Semar Livoma merupakan kejuaraan bola voli yang diikuti perguruan tinggi se-Indonesia.

Kegiatan yang berlangsung menjadi salah satu ajang eksistensi Perguruan Tinggi (PT) se- Indonesia dibidang olahraga bola voli. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bola Voli UNS selaku penyelenggara, secara rutin menggelar kompetisi sejak tahun 2017.

Sebagai salah satu ajang kejuaraan besar di kalangan mahasiswa Semar Livoma telah diselenggarakan sebanyak empat kali yakni tahun 2017, 2018, 2019, dan 2022.

Tahun kelima penyelenggaraan, Semar Livoma berlangsung 23-27 Oktober 2023. Tim bola voli PT se-Indonesia yang yang bertanding, akan memperebutkan Piala Bergilir Kementerian Pendidikan, kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) dan Piala Tetap Rektor UNS.

Kejuaraan ini diharapkan mampu menyaring atlet-atlet voli yang berkompeten di kalangan mahasiswa, jelasnya.

Bagus Adji