Bonus demografi yang kebetulan juga beririsan dengan “generasi milenial” kita  tersebut,  pada  saat  yang  sama,  juga  terpapar  oleh masifnya perkembangan teknologi, terutama teknologi digital. Hari ini, kita mencatat bahwa tak sedikit anak muda kreatif, termasuk kawan-kawan disabilitas yang mampu menaklukkan gelombang digitalisasi dengan cara mencari berkah di dalamnya.

Internet, media sosial, situs web, layanan multimedia aplikasi ponsel, dijadikan ladang baru buat  berkarya, dan  pasar yang  menjanjikan bagi kreativitas.

Banyak kreator konten dan pengembang  aplikasi  Indonesia yang mendunia, mendapatkan  apresiasi baik material maupun nonmaterial. Data yang dipaparkan oleh Kemenkominfo menyebut ada sebanyak 800 ribu situs di Indonesia yang terindikasi sebagai penyebar berita palsu (hoaks) dan ujaran kebencian (hate speech). Praktik buruk keduanya sangat rentan menimbulkan aneka hal negatif. Lakukan konfirmasi untuk mengecek kebenarannya terlebih dahulu.

Kaum muda harus mampu memaksimalkan ruang-ruang kreatif agar mampu mengekspresikan kemampuan dan jatidiri kearah yang lebih baik. Dengan kapital ini, maka bakal membawa sosok-sosok produktif bagi bangsa. Melakukan action kemudian salah, ternyata jauh lebih baik dari pada diam saja.

Masa muda adalah masa untuk membentuk pikiran, membentuk kemauan, serta membangun kreativitas dan inovasi. Peluang hanya datang untuk orang orang yang memang sudah siap. Oleh karena itu, jangan pernah takut mencoba dan ragu-ragu terhadap sesuatu. Mumpung masih muda, berbuatlah sesuatu.

Modal utama untuk menjadi pemuda kreatif dan inovatif adalah kepercayaan diri.  Kepercayaan diri bisa dibangun dengan sering berinteraksi dengan banyak orang, dan sering berbicara di depan umum. Untuk itu, terlibatlah aktif di organisasi. Dengan kepercayaan diri akan mendongkrak keberanian menentukan cita-cita dan visi yang dimiliki.

Berikan aneka prestasi membanggakan untuk Indonesia. Di tangan kaum mudalah harapan Indonesia Emas 2045 dapat terwujud. Sebagai anak muda kita harus bangga hidup di Indonesia dan harus tetap mempertahankan jiwa nasionalisme dan cinta tanah air.

Evidence, Putri Ariani telah membawa nama harum bangsa di panggung global. Gadis muda bertalenta Ariani 1.000 purnama untuk Indonesia.

Marjono, Kepala UPPD/Samsat Kabupaten Tegal, Jawa Tengah