blank
Ilustrasi poltisi muda. Reka: wied

blankOleh Gunawan Witjaksana

CUKUP menggembirakan sekaligus melegakan, ternyata mulai banyak anak muda yang memasuki dunia politik, utamanya politik praktis.

Yang cukup menarik rata-rata alasan mereka adalah bahwa dengan masuk ke dunia politik praktis, maka mereka akan bisa turut mewarnai perpolitikan lokal, regional, hingga nasional, sekaligus hal itu lebih efektif dibanding dengan hanya melaksanakan demo, yang sering aspirasinya hanya mudah hilang tanpa bekas.

Bila kita cermati saat ini setidaknya ada beberapa anak muda yang bisa kita ambil contoh, yaitu Gibran Rakabuming Raka, Boby Nasution, Kaesang Pangarep yang ketiganya masih keluarga Presiden.

Ada juga Zenidine Alam Ganjar sang putra mantan Gubernur Jateng yang juga salah satu Calon Presiden yang mulai di-endorse media dan pengamat, serta Seno Bagaskoro yang merupakan salah satu anggota tim sukses Ganjar Pranowo.

Selain itu, tentu ada sejumlah nama lain yang setidaknya aktif baik di partai politik (parpol), serta kegiatan politik lainnya, yang setidaknya mulai memopulerkan nama- nama mereka.

Bila kita cermati, di antara para anak muda itu ada yang keluarga pejabat, sehingga ada sebagian yang berpendapat bahwa sukses mereka karena adanya privilege orang tuanya, bahkan ada yang mengaitkannya dengan politik dinasti yang instan dan karbitan.

Pandangan subjektif semacam itu sah-sah saja, namun yang terpenting dan perlu kita tunggu adalah bagaimana anak- anak muda tersebut nantinya mampu menunjukkan prestasi sekaligus kinerjanya.

Pertanyaannya, akankah minat anak muda masuk dunia politik praktis ini akan terus berlanjut?, serta akankah gaya komunikasi politik serta kinerjanya nanti akan mampu mendorong anak muda lainnya untuk mengikutinya?

Pergeseran Pola

Salah satu contoh yang saya sebutkan di atas yaitu Seno Bagaskoro misalnya, ternyata dia yang masih berstatus mahasiswa tersebut bukanlah keluarga pejabat.

Menurutnya, dia masuk ke dunia politik praktis dan sekarang menjadi salah satu anggota timses Ganjar, karena memandang cara tersebut lebih mampu menunjukkan kontribusi nyata kepada masyarakat, bangsa dan negara utamanya bila kelak jago yang didukungnya tersebut menang dan berkontribusi maksimal dalam memajukan bangsa serta menyejahterakan masyarakat.

Menurutnya, dengan memanfaatkan teknologi informasi yang makin canggih, dia dan kelompoknya akan mampu memberikan pencerahan kepada masyarakat luas, sehingga harapannya masyarakat akan mampu memilih calon yang paling mampu mewujudkan Indonesia maju di tahun 2045 yang akan datang.

Cita- cita yang tentu pantas diapresiasi , karena setidaknya akan mampu mengurangi risiko bila dilakukan dengan berdemo besar- besaran sekalipun, yang tentu akan mudah disusupi serta disalahgunakan Anasir yang tidak bertanggung jawab.

Dengan kecerdasan yang dimilikinya, dibarengi dengan bahasa komunikasi yang santun, jelas, persuasif, informatif, tanpa mendiskreditkan pihak lain, tampaknya apa yang disampaikannya ini patut diapresiasi.

Demikian pula buah pemikiran Alam Ganjar pun cukup menggetarkan hati karena ada anak muda yang berfikir cemerlang, meski memang yang bersangkutan belum ikut masuk ke dunia politik praktis.

Gaung Kinerja

Dengan mencoba berpikir jernih serta akademis, menarik pula mencermati Gibran, Bobby serta Kaesang. Ketiganya sering disudutkan dengan sebutan politik dinasti.