blank
Ilustrasi buah nanas yang kaya akan antioksidan. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Buah nanas merupakan enis buah tropikal dengan buah yang dapat dimakan dan tumbuhan yang paling penting secara ekonomi dalam keluarga Bromeliaceae. Disebut demikian karena tumbuhan nanas berasal dari kawasan tropis dengan kondisi lingkungan lembab.

Nanas kaya akan antioksidan. Nanas memiliki beragam kandungan nutrisi seperti protein, karbohidrat, kalsium, kalium, fosfor, zat besi, mangan, thiamin, magnesium, serat, sukrosa, natrium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, kolin, zinc, selenium, dan bromelain.

Nanas memiliki tekstur menarik yang banyak mengandung Vitamin C, di makan secara langsung dan dijadikan olahan produk lokal tanpa mengubah rasa dan kandungan gizinya. Tekstur kenyal dengan serta ke khasan dari kandungan pektinnya tetap ada. Nanas sendiri termasuk buah yang cepat busuk dan rusak.

Baca Juga: Manfaat Singkong untuk Kesehatan Tubuh

Bukan sekedar menyegarkan, nanas rupanya juga menyimpan berbagai manfaat kesehatan. Buah yang identik dengan warna kuning ini memang cukup kaya nutrisi sehingga bagus bagi tubuh saat dikonsumsi.

Masih bingung apa manfaat nanas bagi kesehatan tubuh? Simak informasi berikut untuk mengetahuinya. Mengutip laman Healthline, berikut adalah berbagai manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari makan nanas.

1. Meningkatkan sistem imun

Buah nanas mengandung banyak vitamin C yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan sistem kekebalan tubuh yang baik, tubuh akan lebih terlindungi dari penyakit dan membantu dalam penyembuhan luka. Makan buah nanas bisa membantu menjaga tubuh tetap kuat dan siap melawan kuman.

Baca Juga: Meredakan Jerawat, Ini 6 Manfaat Aloe Vera bagi Kecantikan

2. Melancarkan pencernaan

Enzim bromelain dalam nanas membantu pencernaan makanan. Enzim ini dapat membantu merusak protein dalam makanan sehingga tubuh bisa mencernanya dengan lebih baik. Jadi, makan nanas dapat membantu mencegah perut terasa begah atau mual setelah makan berat.

3. Mengurangi peradangan

Berkat kandungan bromelain yang dimilikinya, nanas juga punya sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Peradangan merupakan kondisi yang menyebabkan nyeri sendi atau kondisi inflamasi lainnya.

4. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat nanas bagi kesehatan selanjutnya adalah menjaga fungsi jantung. Manfaat ini diperoleh dari kandungan kalium yang penting untuk menjaga tekanan darah supaya tetap normal.

Baca Juga:Memiliki Banyak Manfaat Bagi Tubuh, Ini 4 Kombinasi Minuman yang Dapat Kamu Dicoba

Kalium dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke dengan menjaga denyut jantung dan tekanan darah dalam batas yang sehat.

5. Memperbaiki kondisi kulit

Vitamin C dalam nanas juga membantu produksi kolagen. Hal ini penting untuk membuat kulit tetap sehat dan bercahaya. Kolagen juga membantu menjaga elastisitas kulit dan melawan tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus.

6. Menu diet

Nanas adalah buah rendah kalori yang mengandung banyak nutrisi. Ini membuatnya menjadi pilihan camilan yang baik untuk mereka yang ingin menjaga berat badan. Anda bisa menikmati rasa manis nanas tanpa khawatir banyak kalori. Dengan begitu, buah ini juga cocok dinikmati saat diet.

Baca Juga:7 Manfaat Ketimun untuk Kesehatan Tubuh

7. Menjaga kesehatan mata

Buah nanas mengandung beta-karoten, prekursor vitamin A yang penting untuk kesehatan mata. Vitamin A membantu menjaga kornea mata tetap sehat, memelihara penglihatan dalam kondisi cahaya rendah, dan melindungi mata dari kerusakan akibat penuaan.

Meski manfaat nanas begitu banyak, seperti makanan lainnya, cukup nikmati buah ini dalam porsi yang wajar. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, baiknya konsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum membuat perubahan besar dalam pola makan Anda.

Claudia