blank
Ilustrasi kayu manis dengan kopi. Foto: Pixel

SEMARANG (SUARABARU.ID)-  Kayu manis merupakan tumbuhan dengan genus Cinnamomum dan famili Lauraceae yang digunakan sebagai penghasil rempah-rempah. Rempah ini memiliki aroma yang kuat, bersifat hangat, dan rasa yang manis.

Kayu manis memiliki sifat karminatif, yaitu dapat membantu mengurangi pembentukan gas dalam saluran pencernaan. Ini membantu mengatasi gejala-gejala masuk angin seperti perut kembung, kram, dan mual, mengontrol gula darah, melindungi dari penyakit jantung, dan mencegah peradangan hingga kanker .

Selain berguna untuk mencegah datangnya penyakit-penyakit serius, kayu manis ternyata cocok pula dijadikan sebagai teman diet. Kandungan serat tinggi yang dimiliki bumbu dapur yang satu ini berguna untuk menekan nafsu makan berlebih dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Baca Juga: Jadi Buah Kesukaan Mark NCT, Yuk Intip Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Untuk membantu menyukseskan dietmu, berikut 4 kombo minuman berbahan dasar kayu manis yang bisa kamu coba menurut herzindagi.com!

1. Kayu manis dan air putih

Dimulai dari yang paling dasar, kamu dapat melarutkan bubuk kayu manis ke dalam air putih sebagai pilihan yang paling sederhana. Pertama, masukkan segelas air putih ke dalam panci dan setengah sendok teh bubuk kayu manis, lalu setelah itu rebus sebentar. Kamu dapat menikmatinya hangat-hangat atau menunggunya sampai dingin.

2. Kayu manis dan kopi

Buat kamu pecinta kopi, mungkin kombinasi ini akan menjadi favoritmu. Siapa sangka ternyata kandungan di dalam kayu manis dan caffein di dalam kopi bisa menjadi perpaduan yang ampuh untuk mengurangi perut buncit akibat lemak membandel. Namun, perlu diperhatikan untuk tidak menambahkan terlalu banyak kayu manis, ya!

Baca Juga:Dapat Menurunkan Berat Badan, Ini 5 Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

3. Lemon, Madu, dan Kayu Manis

Kombinasi yang satu ini juga menjadi salah satu yang ampuh menurunkan berat badan. Selain kayu manis, terdapat madu yang membantu menekan nafsu makan dan lemon yang berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Untuk diet, kombinasi minuman yang satu ini patut banget untuk kamu coba!

4. Kayu Manis dan Teh

Bagi kamu para pecinta teh, kreasi minuman yang satu ini mungkin dapat menjadi opsi yang patut dicoba. Yang perlu dilakukan ialah dengan menaruh batang kayu manis ke dalam cangkir atau gelas lalu tuangkan air mendidih dan tutup cangkir tersebut selama 10 menit. Setelah larut, ambil batang kayu manis tersebut dan masukkan teh celup ke dalamnya. Teh kayu manis siap untuk dinikmati.

Itu dia 4 kreasi minuman berbahan dasar kayu manis yang cocok menjadi temanmu selama diet. Selamat mencoba!

Claudia