blank
Member NCT Mark Lee dengan buah kesukaanya semangka. Foto: Twiteer @NCTsmtown_DREAM

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Sudah jadi rahasia umum kalau Maek Lee yang merupakan leader NCT DREAM ini begitu menggemari semangka. Saking cintanya, Mark pernah bilang kalau dia bisa makan semangka dengan apa saja. Misalnya dengan nasi, kimchi, dan ham.

Pada hari ini (2/8/2023), Mark Lee tengah merayakan hari ulang tahunnya yang ke-24 tahun. Sejak semalam, sudah banyak fans yang menggunakan tagar #24thGoldenMarkYear di platform Twitter untuk merayakan ulang tahun idola.

Apa pun tentang pria kelahiran 1999 silam ini selalu menarik untuk dicari tahu oleh para penggemar. Salah satunya soal makanan favoritnya.

Baca Juga: Membuat Kenyang Lebih Lama, ini 5 Manfaat Telur bagi Kesehatan

Buah yang kandungan airnya mencapai 90% ini ini tak hanya punya cita rasa manis saja, namun juga sangat menyegarkan. Sehingga banyak yang memilihnya untuk menghilangkan haus atau dahaga.

Bahkan menurut keterangan dari webmd, semangka juga bisa memberi manfaat besar untuk menunjang kesehatan tubuh dan berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Mencegah Diabetes dan Kanker

Warna merah yang ada di buah semangka bersumber dari zat likopen yang memiliki sifat antioksidan. Banyak hasil penelitian yang menunjukan jika likopen mempunyai khasiat tinggi dalam mencegah gangguan diabetes dan kanker. Pilih yang benar-benar sudah matang dan masih segar karena kandungan likopen-nya lebih banyak.

Baca Juga:7 Manfaat Tape Singkong untuk Kesehatan

2. Menstabilkan Tekanan Darah

Kandungan lain yang terdapat pada buah semangka adalah citruline atau asam amino. Zat ini bisa membantu melancarkan peredaran darah sekaligus menstabilkan tekanan darah, sehingga risiko tekanan darah tinggi bisa dicegah. Selain itu organ jantung ikut menjadi sehat dan jarang kena serangan penyakit karena kandungan likopen.

3. Menyehatkan Mata

Dalam setiap satu butir buah semangka, terdapat antara 9% hingga 11% vitamin A. Pasti sudah banyak yang mengetahui jika vitamin ini mempunyai peran sangat tinggi untuk menjaga kesehatan mata. Karena itu jika ingin memiliki mata yang tidak mudah sakit, harus rajin mengonsumsi buah ini.

4. Menghindari Dehidrasi

Setiap hari tubuh selalu membutuhkan asupan air agar tidak tidak kekurangan cairan atau dehidrasi. Buah semangka yang kandungan airnya mencapai 90% tentu bisa jadi pilihan terbaik untuk mencegah bahaya tersebut. Namun tentu saja tetap harus diiringi konsumsi air putih yang mencukupi.

Baca Juga:Ini Manfaat Jalan Kaki di Pagi Hari, Simak yuk!

5. Menyegarkan Kulit

Vitamin A, B6, dan C yang yang terkandung dalam buah semangka merupakan sarana terbaik untuk membuat kulit jadi lebih segar, halus, lembut, dan kenyal. Bahkan jika perlu, kalian dapat memilihnya sebagai bahan masker wajah dengan campuran yogurt dalam komposisi yang sama. Hasilnya, wajah akan terlihat cerah dan cermelang.

Bagaimana? Tidak sedikit bukan manfaat buah semangka untuk menunjang kesehatan tubuh dan kulit. Jadi tidak perlu ragu menyantap makanan ini setiap hari dan jangan lupa mengimbangi dengan pola hidup sehat serta rajin olahraga.

Claudia