blank
Tape singkong. Foto: Dok/Alodokter

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tape singkong memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Manfaat tape singkong tersebut tidak terlepas dari kandungan nutrisi di dalamnya sebagai daya tahan tubuh dan kesehatan organ pencernaan.

Tape (peuyeum) merupakan makanan tradisional khas Jawa Barat yang terbuat dari fermentasi singkong. Proses fermentasi singkong dengan ragi menciptakan rasa tape yang manis dan sedikit asam dengan aroma alkohol yang ringan.

Dikutip dari Alodokter, tape singkong mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Di dalam 100 gram tape singkong, terkandung sekitar 169 kalori dan beberapa nutrisi lain, seperti, 57 gram air, 40 gram karbohidrat, 2 gram serat, 1,4 gram protein, 0,3 gram lemak, 21 mg kalsium, dan 34 mg fosfor.

Selain berbagai nutrisi di atas, manfaat tape singkong juga berasal dari vitamin di dalamnya, seperti vitamin C dan vitamin B12. Kandungan vitamin pada singkong tersebut dinilai meningkat berkat proses fermentasi.

Lantas, apa saja manfaat tape singkong bagi tubuh kita? yuk simak!

1. Menghangatkan tubuh
Tape singkong sering dijadikan sebagai salah satu makanan yang dapat menghangatkan tubuh. Kandungan alkohol yang ringan dari hasil fermentasi dengan ragi menjadi faktor utama yang memicu efek hangat pada tubuh setelah mengkonsumsi tape. Hal ini membuat tape cocok dikonsumsi saat cuaca dingin.

2. Menjaga kesehatan pencernaan
Manfaat tape singkong juga penting bagi kesehatan sistem pencernaan tubuh. Proses fermentasi singkong dalam pembuatan tape dapat meningkatkan kandungan probiotik di dalamnya.

Kandungan tersebut penting untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Probiotik dapat melawan bakteri jahat dan mendukung pertumbuhan bakteri baik di saluran cerna.

3. Mencegah konstipasi
Tape merupakan salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk mencegah konstipasi atau sembelit. Selain kandungan probiotiknya, manfaat ini juga dapat diperoleh dari kadar air dan serat di dalamnya yang cukup tinggi.

Konsumsi makanan tinggi air dan serat dapat melembutkan serta memadatkan tinja. Dengan begitu, tinja bisa dengan mudah dikeluarkan dan BAB menjadi lancar.

4. Menjaga daya tahan tubuh
Sebagian besar faktor yang membentuk imunitas tubuh dapat ditemukan di usus. Oleh karena itu, sistem pencernaan yang sehat merupakan kunci dari daya tahan tubuh yang kuat.

Konsumsi makanan fermentasi, seperti tape, dapat membantu usus dalam memecah makanan dan meningkatkan kadar probiotik yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

5. Sebagai camilan sehat
Karena kandungan nutrisinya beragam, tape singkong cocok dikonsumsi sebagai camilan sehat. Selain itu, untuk mendapatkan manfaat tape, kamu juga bisa mencampur atau mengolahnya sebagai hidangan penutup, seperti es buah, es cendol, atau es krim.

6. Meningkatkan energi
Konsumsi tape juga dapat meningkatkan energi bagi tubuh. Manfaat tape ini berasal dari kandungan karbohidrat yang cukup tinggi di dalamnya. Bahkan, kandungan karbohidrat pada singkong hampir setara dengan seporsi nasi.

Karbohidrat merupakan sumber bahan bakar utama tubuh yang akan diubah menjadi glukosa dalam darah. Glukosa inilah yang nantinya memberikan tubuh energi untuk bergerak dan menjalankan berbagai aktivitas.

7. Mengatasi anemia
Manfaat tape singkong untuk mengatasi anemia diperoleh dari kandungan vitamin B12 di dalamnya. Kandungan vitamin B12 pada singkong diketahui meningkat selama proses fermentasi menjadi tape. Vitamin B12, baik untuk membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

Untuk itu, tape bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan makanan yang baik untuk penderita anemia.

Ning S