blank
Ilustrasi jalan kaki menurunkan berat badan. Foto: Dok/Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kamu suka melakukan olahraga di pagi hari? Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk memulai aktivitas harian, salah satunya adalah melakukan olahraga.

Olahraga apa yang mudah dilakukan di pagi hari yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan? Ya… jalan kaki di pagi hari bisa kamu lakukan secara rutin. Selain udara masih segar, banyak manfaat yang didapat dari jalan kaki sendiri. Apa saja manfaat jalan kaki di pagi hari?

Mengutip dari Suara.com (laman Healthline), ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan jalan kaki secara rutin di pagi hari. Simak yuk!

1. Udara lebih segar

Dibandingkan siang atau bahkan malam hari, tentu saja udara pagi cenderung lebih segar dan bersih karena masih jarang terpapar polusi. Selain terasa lebih segar, udara pagi membuat berjalan kaki lebih nyaman dan menyenangkan.

2. Meningkatkan energi dan semangat

Jalan kaki di pagi hari membantu meningkatkan energi dan semangat kamu sepanjang hari. Aktivitas fisik ini merangsang produksi hormon endorfin yang memberikan perasaan bahagia dan mengurangi kelelahan.

3. Memperbaiki kualitas tidur

Berjalan kaki di pagi hari dapat membantu mengatur ritme sirkadian tubuh kamu dan membantu kamu tidur lebih baik di malam hari. Ketika mendapat tidur cukup yang berkualitas, kamu akan merasa lebih segar dan bugar saat bangun keesokan paginya.

4. Meningkatkan metabolisme

Manfaat jalan kaki di pagi hari selanjutnya adalah meningkatkan metabolisme tubuh kamu. Saat metabolisme tubuh terjaga, akan lebih banyak kalori yang terbakar sepanjang hari, sehingga membantu kamu dalam pengelolaan berat badan.

5. Mengurangi stres

Jalan kaki di pagi hari membantu meredakan stres dan kecemasan. Menghadapi hari baru dengan pikiran yang lebih jernih dan tenang, kamu dapat menghadapi situasi sehari-hari dengan lebih baik.

6. Menyegarkan pikiran

Jalan pagi memberikan waktu untuk merenung, merencanakan hari, atau hanya menikmati kedamaian sebelum kehidupan sehari-hari dimulai. Kebiasaan ini akan memberi kesempatan untuk memulai hari dengan pikiran jernih dan fokus yang lebih baik.

7. Tidak mengganggu waktu berkumpul dengan keluarga

Berjalan kaki di pagi hari memungkinkan kamu untuk menikmati waktu berkumpul dengan keluarga di sore atau malam hari tanpa merasa terburu-buru. Kamu bisa meluangkannya sebelum sarapan dan mandi pagi.

Yuk, mulai biasakan jalan kaki di pagi hari! Dapatkan banyak manfaat kesehatan, dan kebugaran yang lebih maksimal, serta meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Ning S