blank
Ilustrasi Kayu Manis yang Kaya Manfaat bagi Kesetah Tubuh. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kayu manis merupakan rempah yang sering dijumpai dalam bumbu masakan, minuman, hingga kue.

Kayu manis memiliki rasa dan aroma yang sangat khas dan juga banyak dimanfaatkan untuk berbagai jenis masakan. Ternyata, selain sebagai penyedap masakan, mengonsumsi air rebusan kayu manis juga baik bagi kesehatan.

Dilansir dar, manfaat kayu manis mulai dari menurunkan berat badan hingga mengurangi peradangan. Salah satu cara untuk memperoleh khasiatnya adalah dijadikan sebagai minuman herbal dengan merebus kayu manis dengan air.

Baca Juga: Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Usus Besar Hingga Kontrol Gula Darah

Kayu manis memiliki antioksidan yang tinggi yang memiliki salah satu fungsi yaitu meningkatkan kekebalan tubuh.

Lalu apa saja manfaat dari air rebusan kayu manis? Dilansir Halodoc, untuk lebih jelasnya, yuk simak manfaatnya di bawah ini:

1. Mengurangi peradangan pada tubuh dan mengatasi luka kronis

Minum rebusan kayu manis mampu meredakan nyeri sendi yang menyerang tubuh. Hal ini karena sifat antiinflamasi pada kayu manis yang mampu membantu mengurangi rasa sakit akibat peradangan.

Selain itu, senyawa antimikroba di dalam minuman herbal ini efektif untuk membantu mengatasi luka kronis. Dengan mencampurkan air rebusan kayu manis dengan peppermint mampu mempercepat proses penyembuhan luka.

Baca Juga: Dapat Menjaga Fungsi Organ Tubuh, Yuk Simak 5 Manfaat Hati Ampela

2. Mampu membantu menurunkan berat badan

Walaupun memiliki aroma yang enak, tapi kayu manis bisa mengurangi nafsu makan. Dengan begitu, nafsu makan kamu akan lebih terkontrol.

Selain itu, kayu manis memiliki kandungan yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran lemak serta membantu dalam pencernaan lemak dan karbohidrat, sehingga mencegah nutrisi tersimpan sebagai lemak.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Air rebusan kayu manis memiliki antioksidan polifenol dan proanthocyanidins yang tinggi, sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Menjaga dan Mengatasi Berbagai Masalah, Ini 4 Manfaat Daun Thyme bagi Kesehatan

Selain itu, sifatnya yang antibakteri, antivirus, dan antijamurnya membantu mengurangi berkembangnya berbagai masalah penyakit, contohnya seperti gangguan pernafasan.

4. Bisa dikonsumsi untuk pengidap diabetes

Bagi pengidap diabetes, minum air rebusan kayu manis bisa menjadi cara untuk mengatur kadar gula darah. Kandungan di dalam kayu manis bekerja pada sel-sel otot yang membantu mengubah gula menjadi energi. Dengan begitu, kadar gula darah dapat lebih stabil dan terkontrol dengan baik.

5. Meredakan kram menstruasi dan mengatasi kista ovarium

Minum satu cangkir air rebusan kayu manis secara teratur setiap hari saat menstruasi dapat meredakan kram menstruasi. Rempah ini efektif mengurangi rasa sakit yang muncul akibat menstruasi karena sifatnya yang antispasmodik bahkan membuat siklus menstruasi lebih teratur.

Selain itu, mengonsumsi minuman sehat ini juga dapat mengurangi massa kista.

Itulah beberapa manfaat dari air rebusan kayu manis yang bisa kamu coba sebagai minuman herbal untuk kesehatan tubuh. Untuk mengonsumsi air rebusan kayu manis, kamu bisa merebus secangkir air dan menambahkan setengah sendok kayu manis bubuk kemudian rebus kurang lebih selama 5 menit.

Claudia