blank
Ilustrasi haji. Foto: Dok/istockphoto

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Doa pulang haji biasanya dibaca oleh para jemaah yang sudah kembali dari Tanah Suci, di mana doa ini dibaca untuk para tamu yang datang bersilaturahmi.

Sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia menyambut kepulangan para jamaah haji yang baru menyelesaikan ibadah mereka selama hampir 40 hari di Tanah Suci. Selain keluarga dan kerabat, momen kepulangan jemaah haji juga ditunggu-ditunggu oleh rekan dan para tetangga.

Jemaah haji yang sudah pulang ke rumah dianjurkan membaca doa pulang haji untuk para tamu yang berkunjung, di mana doa pulang haji ini berisi harapan baik, salah satunya agar tamu yang datang silaturahmi bisa pergi beribadah haji ke Baitullah.

Tidak hanya itu saja, doa pulang haji juga dibaca oleh para tamu dengan harapan ibadahnya jamaah haji diterima dan menjadi haji mabrur. Seperti apa bacaan doa pulang haji untuk tamu yang berkunjung?

Dikutip dari Suara.com, begini bacaan doa pulang haji sebagai rasa syukur.

“Bismillahirrahmaanirrahiim. Alhamdulillahi rabbil ‘aalamiin. Allahumma shalli wa sallim wabaa rik’alaa sayyidina muhammadin sholaatan tuballighuna bihaa hajja baitikal haraami waziyaarati qabri nabiyyika muhammadin.”

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Ya Allah limpahkanlah sholawat, salam dan berkah kepada junjungan kami nabi Muhammad SAW, dengan sholawat yang bisa menyampaikan kami untuk berhaji ke baitil haram dan ziarah ke makam nabi Muhammad SAW”.

Doa pulang haji untuk tamu yang menyambut kedatangan jemaah haji

Ketika jamaah haji kembali ke rumahnya, kita dianjurkan untuk menyambutnya dengan memanjatkan doa. Berikut ini adalah doa pulang haji saat menyambut jemaah haji dari Tanah Suci:

“Qabballallohu hajjaka, wa ghofaro dzanbaka, wa akhlafa nafaqotak”, yang artinya: “Semoga Allah SWT menerima ibadah hajimu, mengampuni dosamu, dan mengganti pengeluaranmu”.

Itu tadi bacaan doa pulang haji untuk tamu yang berkunjung yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Ning S