Ketela pohon atau singkong. Foto: Dok/Halodoc

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Apa saja manfaat ketela pohon bagi kesehatan tubuh? Ketela pohon (singkong) mengandung banyak nutrisi penting untuk mendukung kesehatan tubuh.

Singkong selain enak dikonsumsi, juga memiliki manfaat seperti menurunkan tekanan darah, mengelola berat badan, dan mempercepat penyembuhan luka.

Singkong merupakan tanaman akar (umbi-umbian) yang banyak dikonsumsi di berbagai negara di dunia. Bahkan, di Indonesia, singkong merupakan makanan pokok yang cukup legendaris dan dikonsumsi hingga kini.

Mengutip dari Halodoc.com, singkong mengandung banyak nutrisi penting, seperti pati resisten, yang bermanfaat untuk kesehatan.

Ketela pohon merupakan umbi-umbian yang kaya kalori dan mengandung banyak karbohidrat serta mineral. Selain itu, singkong juga sumber vitamin C, tiamin, riboflavin, dan niasin yang baik. Bukan cuma akarnya, daun singkong juga bisa dimasak dan dikonsumsi, karena mengandung protein hingga 25 persen.

Tepung tapioka yang diolah dari singkong juga semakin diminati orang yang intoleransi gluten. Tepung tersebut dapat diolah menjadi roti atau produk panggang lainnya.

Ini manfaat singkong jika dikonsumsi secara rutin.

1. Menurunkan risiko sindrom metabolik

Sindrom metabolik merupakan kombinasi dari gangguan diabetes dan penyakit jantung. Kondisi tersebut ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah, kadar kolesterol, dan lingkar pinggang.

Singkong mengandung banyak flavonoid dan serat, yang dapat melindungi tubuh dari sindrom metabolik dan komplikasi terkait kondisi tersebut. Klaim tersebut benar, ketika ketela pohon dapat menggantikan gandum dan nasi sebagai makanan pokok.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Singkong banyak mengandung vitamin C yang dapat memenuhi 50 persen dari kebutuhan harian orang dewasa. Vitamin C adalah nutrisi penting untuk produksi kolagen, yaitu komponen struktural dalam jaringan kulit.

Mencukupi kebutuhan vitamin C dari makan akan meningkatkan kemampuan tubuh memperbaiki dirinya sendiri. Terutama karena vitamin C bukanlah sesuatu yang dapat diproduksi tubuh.

3. Mencegah malanutrisi

Manfaat singkong lainnya yaitu sebagai pencegah malanutrisi, terutama di negara yang rentan terjadi masalah gizi dan nutrisi. Ketela pohon merupakan tanaman yang toleran terhadap kekeringan dan hama.

Tanaman akar ini dapat disimpan di tanah selama beberapa musim tanam, sebagai makanan cadangan ketika tanaman lain langka.

4. Mengurangi tekanan darah

Seperti halnya kentang, singkong juga mengandung banyak potasium. Secangkir singkong memiliki 558 mg, menyediakan 16 hingga 21 persen dari rekomendasi harian. Kalium dalam singkong bermanfaat menurunkan tingkat tekanan darah, dan membantu menyeimbangkan asupan natrium yang meningkatkan tekanan darah.

5. Baik untuk mengelola berat badan sehat

Meskipun mengandung banyak kalori, singkong juga menyediakan serat dan pati resisten yang dapat meningkatkan bakteri usus baik yang sehat.

Studi menunjukkan bahwa serat dari tanaman akar dapat mengurangi keinginan makan makanan asin, manis, dan tinggi lemak. Serat dalam singkong juga berdampak positif pada mikroba usus, dan meningkatkan perasaan kenyang.

Itu tadi beberapa manfaat ketela pohon atau singkong bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!

Ning S