blank
Ilustrasi sakit kepala migrain. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Seseorang bisa kapan saja mengalami sakit kepala migrain yang umum terjadi pada rasa sakit kepala yang biasanya ditandai dengan nyeri denyut yang parah pada satu sisi kepala.

Sakit kepala migrain ini juga disertai dengan rasa mual, muntah dan sensitif terhadap cahaya. Rasa sakit pada migrain ini pun berlangsung hingga berjam-jam atau bahkan hingga bisa mengganggu aktivitas.

Salah satu pemicu sakit kepala migrain berdasarkan penelitian adalah bisa terjadi karena faktor genetik.

Baca Juga: Ini Penyebab Sering Sakit Kepala saat Cuaca Panas

Akan tetapi, di luar itu ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab dari migrain antara lain perubahan hormon, mengonsumsi minuman tinggi kandungan kafein, stres, perubahan pola tidur, perubahan cuaca, obat-obatan yang dikonsumsi, makanan, zat tambahan makanan, rangsangan sensorik seperti lampu berkedip, suara keras atau bau menyengat.

Seperti dirangkum dari ai-care.id, berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang bisa mencegah sakit kepala migrain:

1. Air Putih

Dehidrasi dapat menjadi pemicu migrain bagi beberapa orang. Minum banyak air putih dapat membantu mencegahnya.

Baca Juga: 5 Cara Alami Atasi Sakit Kepala, Apa Saja? Simak!

2. Teh Hijau

Teh hijau mengandung senyawa antioksidan yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG), yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Hal ini dapat membantu mencegah migrain.

3. Sayuran Hijau Daun

Sayuran seperti bayam, brokoli, dan kale mengandung magnesium yang tinggi, yang telah terbukti membantu mengurangi frekuensi migrain pada beberapa orang.

4. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh mengandung serat tinggi dan nutrisi lainnya yang dapat membantu menjaga kadar gula darah stabil, yang dapat membantu mencegah migrain yang dipicu oleh fluktuasi gula darah.

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Salam bagi Kesehatan, Apa Saja? Simak!

5. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Almond, kenari, biji bunga matahari, dan biji labu adalah sumber magnesium dan riboflavin (vitamin B2), yang dapat membantu mengurangi migrain.

6. Ikan Berlemak

Ikan seperti salmon, sarden, dan mackerel mengandung asam lemak omega-3, yang memiliki efek antiinflamasi dan dapat membantu mengurangi risiko migrain.

7. Buah-buahan

Beberapa buah seperti pisang dan alpukat mengandung kalium, yang dapat membantu mencegah migrain dengan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Baca Juga: Kaya akan Antioksidan, Ini 7 Manfaat Jamur Kancing Bagi Kesehatan

8. Cokelat Hitam

Dalam Cokelat hitam di dalamnya mengandung senyawa flavonoid yang dapat membantu mengurangi risiko migrain dan meningkatkan aliran darah ke otak.

9. Jahe dan Kopi

Jahe memiliki sifat antiinflamasi dan bisa membantu meredakan rasa sakit kepala migrain. Sementara itu, kafein dalam kopi ini bisa membantu mengurangi gejala migrain dan digunakan dalam beberapa obat penghilang rasa sakit.

Demikianlah beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa untuk mencegah sakit kepala migrain. Semoga bermanfaat.

Claudia