Ilustrasi punggung terasa panas. Foto: Dok/SehaQ

Cara mengatasi punggung terasa panas

1. Menggunakan kompres dingin
Untuk mengatasi punggung terasa panas, cobalah letakkan kompres dingin pada punggung selama kurang lebih 20 menit. Kamu dapat membalut es dengan handuk atau kain agar tidak langsung mengenai kulit.

Lakukan kompres ini hanya di hari-hari pertama saat punggung panas untuk meredakan peradangan yang mungkin terjadi.

2. Istirahat yang cukup
Ketika punggung terasa nyeri dan panas, kamu mungkin ingin lebih banyak berbaring. Namun, jangan berbaring terus-menerus karena dapat mengurangi sirkulasi darah dan menyebabkan otot menjadi kaku.

Pastikan kamu tetap bergerak dan beristirahat dengan cukup. Beristirahat dapat membuat otot punggung menjadi lebih lentur dan rileks.

3. Mengkonsumsi obat pereda nyeri
Mengkonsumsi obat pereda nyeri, seperti ibuprofen atau naproxen, dapat membantu meredakan punggung panas akibat penyakit peradangan. Namun, pastikan kamu mengikuti petunjuk penggunaan pada label kemasan atau konsumsi sesuai resep dokter.

4. Menggunakan pelembap kulit
Jika punggung terasa panas disebabkan sengatan matahari, kamu bisa mencoba mandi air dingin untuk meredakannya. Jangan lupa untuk mengeringkan kulit dengan handuk yang lembut.

Setelah itu, oleskan pelembap kulit yang dapat memberi efek mendinginkan dan menjaga kelembapan kulit. Kamu bisa memilih pelembap yang mengandung lidah buaya untuk menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari.

5. Mengendalikan naiknya asam lambung
Sebagai cara mengatasi punggung terasa panas karena asam lambung, kamu harus mengendalikan heartburn yang terjadi.

Cobalah mengkonsumsi obat penurun asam lambung, makan dengan porsi kecil tapi lebih sering, hindari makanan asam dan pedas, serta longgarkan pakaian untuk mengurangi tekanan.

Segera periksakan diri ke dokter jika punggung yang terasa panas tidak kunjung hilang, semakin memburuk, atau disertai gejala-gejala lain seperti nyeri parah, demam, atau masalah lainnya.

Ning S