Ilustrasi punggung terasa panas. Foto: Dok/SehaQ

Multiple sclerosis paling sering terasa di lengan dan kaki, tetapi juga dapat menyebabkan punggung panas.

6. Penyakit Lyme
Penyakit Lyme adalah infeksi yang ditularkan lewat gigitan kutu. Kondisi ini ditandai dengan nyeri otot, nyeri sendi, dan kelelahan yang ekstrem. Menurut penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Current Infectious Disease Reports, 15 persen penderita penyakit Lyme mengalami masalah pada sistem sarafnya.

Ketika penyakit ini mempengaruhi sistem saraf, ujung saraf di tulang belakang bisa meradang dan teriritasi sehingga menimbulkan sensasi terbakar di punggung.

7. Fibromyalgia
Fibromyalgia adalah gangguan otak dan sistem saraf pusat yang membuat penderitanya salah menafsirkan dan memperkuat rasa nyeri. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit yang meluas, termasuk pada punggung. Bukan hanya sakit, sensasi lain yang juga dapat dirasakan adalah bahu terasa panas seperti terbakar.

8. Batu ginjal
Batu ginjal adalah partikel seperti kerikil yang terbentuk di ginjal. Kondisi ini biasanya terjadi ketika kadar mineral kalsium terlalu tinggi dalam urine. Sebagian orang juga mengalaminya ketika menderita infeksi saluran kemih.

Penyakit batu ginjal bisa terasa sangat menyakitkan dan menimbulkan nyeri yang tajam di punggung bagian bawah hingga terasa panas. Rasa sakitnya bahkan dapat menyebar hingga ke selangkangan.